Makanan Pembantu Proses Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Untuk seorang ibu yang baru saja menjalani persalinan dengan operasi caesar pasti merasakan sakit yang menyiksa, terutama di daerah bekas sayatan. Selain itu Anda harus segera mengembalikan stamina agar Anda dapat menyusui bayi Anda. Tidak cukup istirahat saja, Anda juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Berikut makanan pembantu proses pemulihan pasca operasi Caesar yang perlu Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang operasi Caesar
– Makanan pembantu proses pemulihan pasca operasi Caesar

Menurut TribunLampung, operasi adalah hal yang sering ditakuti oleh sebagian orang. Apalagi jika ibu hamil dan akhirnya melahirkan melalui proses operasi. Selain proses pemulihan yang cukup lama, Caesar juga memberikan bekas operasi diperut. Anda dapat mengikuti tips perawatan bekas operasi caesar yang pernah kami posting sebelumnya.

Ingatlah makanan yang Anda makan dapat menentukan seberapa cepat proses pemulihan setelah operasi Caesar. Selama proses pemulihan setelah operasi caesar, Anda perlu tahu bahwa di perut Anda masih tersisa gas dalam perut. Makan makanan berminyak dan sulit dicerna seperti mie, beras, atau makanan olahan lainnya dapat membuat produksi gas di perut semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan konstipasi. Sementara proses mengejan saat buang air besar pasti akan menambah rasa nyeri bekas luka operasi Anda.

Berikut ini beberapa makanan pembantu proses pemulihan pasca operasi Caesar, antara lain:

Mengkonsumsi Makanan Kaya Protein
Anda dapat membantu pemulihan sel-sel jaringan tubuh lebih cepat dengan mengkonsumsi makanan kaya protein. Makanan yang sangat dianjurkan adalah produk ikan, telur, daging ayam, produk susu, daging, dan kacang. Selain protein, makanan di atas juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti kalsium, asam lemak omega 3, dan seng. Makanan juga sangat mudah dicerna sehingga dapat membantu mengatasi perut dan sembelit, yang sering dialami ibu baru dalam masa pemulihan setelah operasi Caesar.

Kalsium
Kalsium berguna untuk membantu melemaskan otot-otot dan memperkuat tulang. Tidak hanya dari susu, sumber kalsium yang baik juga dapat diperoleh dari tahu, kacang almond, dan bayam.

Meminum Larutan Kunyit
Kunyit telah lama dikenal memiliki khasiat sebagai zat antibodi, yang tidak hanya membantu memperkuat sistem antibodi tubuh terhadap virus dan bakteri. Namun, kunyit juga bisa membantu meredakan pembengkakan dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kunyit juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, mangan, potasium, serat, vitamin C, dan vitamin B6.

Mengganti Nasi Putih Dengan Oatmeal
Dibandingkan dengan nasi putih, makan oatmeal jauh lebih direkomendasikan untuk membantu proses pemulihan setelah . Oatmeal kaya zat besi, kalsium, protein, karbohidrat, dan serat. Kandungan serat dalam oatmeal dapat membantu Anda merasa kenyang tanpa membebani organ pencernaan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga terhindar dari risiko konstipasi. Oatmeal pun bisa Anda kombinasikan dengan buah agar dapat membantu Anda menjadi lebih berenergi sepanjang hari.

Itulah beberapa makanan pembantu proses pemulihan pasca operasi Caesar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + fourteen =

%d bloggers like this: