Alasan Anak Tidak Mau Dipeluk

Suasana hati anak, terutama balita, memang bisa berubah secepat laju roller coaster. Bahkan, tidak jarang ada yang menolak meronta saat ibu berniat memeluknya. Orang tua tidak boleh menganggap penolakan ini sebagai sesuatu yang serius dan menyakitkan. Anak-anak tidak sedang menolak Anda, bisa jadi anak itu menolak kebebasan fisiknya dibatasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui alasan-alasan anak tidak mau dipeluk sehingga Anda tidak salah dalam menanggapinya.

Pada artikel kali ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang suasana hati si kecil
– Alasan-alasan anak tidak mau dipeluk

Masa-masa bayi adalah masa keemasan orang tua karena anak-anak masih “bersedia” dicium dan dipeluk. Tidak dipungkiri, semua pasti tergoda untuk mencium dan memeluk bayi berpipi bulat, hidung mungil, rambut tipis kemerahan-merahan, dan aroma bayi yang khas. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, anak-anak usia prasekolah atau anak-anak TK dapat berubah.

Menurut Nova, tidak jarang, orang tua merasa kecewa ketika anak yang ia sayang menolak pelukannya. Padahal orang tua harus lebih bijak dan mengerti mengapa anak menolak untuk dicium atau dipeluk. Berikut ini alasan-alasan anak tidak mau dipeluk yang perlu Anda ketahui:

Baru pulih dari tantrum
Wajar jika anak menolak kehadiran Anda beberapa saat setelah Anda memberinya waktu istirahat. Ini adalah cara dia menunjukkan ketidaksukaannya. Atau mungkin dia hanya kelelahan setelah berteriak dan mengamuk sebelumnya. Ketahui lebih lanjut cara sederhana atasi masalah tantrum anak pada artikel kami sebelumnya.

Baru mengalami hari yang berat
Seperti layaknya orang dewasa, anak-anak juga terkadang melalui momen-momen yang membuatnya merasa bete sepanjang hari. Seperti misalnya, temannya di sekolah menolak diundang bermain petak umpet, atau dia ditertawakan salah seorang teman gara-gara menangis.

Tidak bisa menyampaikan kekesalannya
Kehidupan emosional anak-anak prasekolah sangat kompleks. Anak-anak dapat mengekspresikan perasaan, tetapi kesulitan menjelaskan penyebabnya. Mungkin dia ngambek karena Anda sudah terlalu lama ke pasar, atau mungkin dia rindu dimanja-manja seperti sebelum kelahiran adik bayinya.

Punya orang tua favorit
Anak-anak hanya bertingkah ketika Anda ingin memeluk atau mencium, dan bukan oleh ayahnya? Atau sebaliknya, dia hanya ingin dekat dengan Anda dan menolak kehadiran ayahnya? Kemungkinannya dia ingin menunjukkan orang tua mana yang paling dekat di hatinya.

Melalui fase mandiri
“Aku sudah besar, Ma!” Mungkin itulah yang ingin ia jelaskan kepada Anda. Berbeda ketika masih bayi dahulu, sekarang dia adalah anak yang mulai besar dan telah melakukan banyak hal tanpa bantuan. Dia hanya ingin menunjukkannya padamu.

Sedang Sakit
Anak yang biasanya hangat dan ramah tiba-tiba berubah muram dan menolak didekati? Jika bukan karena gangguan emosi, mungkin juga kondisi fisiknya yang tidak sehat. Terlebih lagi, Anda menemukan gejala demam atau masalah kesehatan lainnya.

Itulah alasan-alasan anak tidak mau dipeluk, jadi Anda jangan langsung berkecil hati jika si kecil tidak mau dipeluk. Anda hanya perlu memahami apa yang ia sedang rasakan dan ajaklah ia bicara agar Anda tahu apa yang sedang dialaminya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + six =

%d bloggers like this: