Solusi Untuk Anak Suka Mengemut Makanan

Memberikan asupan terbaik untuk bayi Anda adalah pekerjaan seorang ibu. Namun, Anda pasti seringkali merasa jengkel ketika anak memiliki kebiasaan mengemut makanan. Sehingga membuat makanan yang dikunyahnya menjadi lebih lama di dalam mulutnya. Perlu Anda ketahui penyebab dan solusi untuk anak suka mengemut makanan yang kami rangkumkan di bawah ini.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Penyebab anak suka mengemut makanan
– Solusi untuk anak suka mengemut makanan

Sebelum mencari solusinya, perlu Anda pahami terdapat beberapa penyebab anak suka mengemut makanan, antara lain sebagai berikut:

Makanan terasa membosankan
Jika anak Anda memiliki kebiasaan mengemut makan, bisa jadi ia bosan dengan makanannya. Tandai menu yang membuatnya lama untuk menghabiskan makanannya. Dan buatlah menu makanan yang lebih bervariasi agar anak mau makan.

Sakit yang diderita si kecil
Masalah pada kesehatan bayi bisa menjadi penyebab anak mengemut makanannya, seperti sakit gigi atau sariawan. Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut pada anak, rasa sakit yang ditimbulkan dari sariawan atau penyakit mulut lainnya dapat membuat bayi Anda lebih sulit untuk mengunyah makanannya sehingga ia lebih suka mendiamkannya di dalam mulut. Periksa keadaan mulut bayi Anda sehingga sariawan atau sakit gigi yang ia alami dapat segera diatasi dan tidak mempengaruhi perkembangannya lebih lanjut.

Belum tahu proses makan yang benar
Orang tua terkadang lupa bahwa makan juga termasuk hal yang perlu diajarkan kepada si kecil. Kebiasaan mengemut makanan timbul ketika transisi bentuk makanan si anak. Supaya anak bisa makan dengan baik, ajarkan mereka untuk mengunyah makanan hingga halus agar makanan bisa tertelan sempurna tanpa rasa sakit.

Waktu makan terlalu dekat
Memaksanya untuk makan bukanlah solusi terbaik untuk anak-anak makan. Atur kembali jadwal makannya agar dia tidak merasa terpaksa untuk menghabiskan makanannya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab anak mengemut makanan yang kami uraikan di atas, kini Anda bisa mengatasinya dengan beberapa solusi untuk anak suka mengemut makanan, antara lain:

1. Latih dengan memberi makanan padat sesuai dengan usia mereka
Anda dapat melatih anak Anda dengan memberikannya makanan padat sesuai dengan usianya. Sehingga seiring bertambahnya usia, anak Anda sudah dapat menerima tekstur makanannya.

2. Berikan batasan waktu makan anak
Dikutip dari Okezone.com, makan harus dibatasi maksimal 30 menit. Jika dalam 30 menit belum habis, simpanlah makanan yang tersisa. Melatih anak untuk makan secara teratur dengan durasi tertentu akan memunculkan rasa lapar pada anak dengan teratur sehingga timbul keinginan ia untuk makan.

3. Pilih alat makan yang menarik
Anda bisa memilih alat makan yang menarik. Tutupi gambar yang biasa ditemukan di alat makan dengan MPASI-nya sehingga anak menjadi penasaran untuk mengetahui gambarnya. Anda bisa membuatnya semakin penasaran dan mempercepat proses kunyahannya, sehingga ia tidak mengemut makanannya. Terkadang Anda juga dapat memberinya pujian atau perlakuan yang membuatnya bahagia ketika anak Anda berhasil menelan makanan.

4. Berikan cerita
Anda bisa membacakannya cerita sambil makan. Misalkan Anda akan berpura-pura menerbangkan sendok dan kemudian mendarat di mulutnya. Bahkan cerita mobil akan diparkir di mulutnya. Dengan mengalihkan perhatiannya akan membantu mengurangi makanan di emutnya.

5. Biasakan makan di meja makan
Biasakan anak untuk makan di meja makan sehingga mengalihkan semua perhatiannya. Dengan perhatian yang teralihkan akan mengurangi anak mengemut makanan.

Demikianlah artikel ini kami buat, semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi kebiasaan mengemut makanan pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 14 =

%d bloggers like this: