Jenis Mainan Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak

Setiap anak yang dilahirkan telah dianugerahi dengan miliaran sel otak yang dapat mempengaruhi dirinya dalam berpikir, emosi, dan perilaku. Dengan mengetahui jenis mainan utuk menstimulasi kecerdasan anak, Anda dapat membantu anak menajamkan otaknya untuk berpikir dan bekerja sama dalam memecahkan suatu masalah. Tidak hanya menyenangkan karena bermain juga bisa menstimulasi motorik anak, baik motorik kasar maupun motorik halus.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Perkembangan motorik anak
– Jenis permainan untuk menstimulasi kecerdasan anak

Sebagai orang tua, sangatlah penting untuk Anda kenali perkembangan motorik pada anak. Dan ketahuilah bahwa bermain bersama anak merupakan salah satu cara menstimulasi kecerdasannya. Untuk itu berikut ini jenis mainan utuk menstimulasi kecerdasan anak, antara lain sebagai berikut:

1. Puzzle
Dikutip dari Kompas.com, memberikan permainan puzzle dapat melatih kecerdasan kognitif anak dalam mengenali bentuk, warna dan penempatannya. Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan mainan jenis ini karena dapat melatih kecerdasan anak untuk memecahkan teka-teki atau menyelesaikan masalah sejak usia dini.

2. Color Tower Bundar
Color tower bundar adalah sejenis permainan yang memperkenalkan warna kepada anak-anak dan juga melatih anak untuk peka terhadap warna baik di lingkungan atau benda-benda di sekitarnya, dan permainan ini pun dapat membantu anak untuk menghindari buta warna.

3. Kotak Angka
Umumnya banyak yang beranggapan memperkenalkan angka-angka pada anak merupakan hal yang sulit, padahal dengan permainan kotak angka Anda dapat memperkenalkan angka kepada anak-anak dengan mudah. Anda cukup menyajikan kotak angka yang berisi potongan angka di setiap sisi dan dapat dilepas. Mainan seperti ini akan mengembangkan keterampilan berpikir dan klasifikasi. Jenis mainan ini memiliki berbagai manfaat yang bila diterapkan akan dapat mengasah otak anak dalam hal menghitung.

4. Mainan Blok
Melalui permainan blok ini Anda dapat memperkenalkan anak pada berbagai macam huruf dan angka. Selain itu, mainan ini dapat dirakit dan dibangun tinggi sehingga hal ini juga dapat meningkatkan perkembangan otak anak. Jadi ibu jangan ragu untuk memberikan mainan semacam ini pada anak.

5. Ronce
Ronce adalah salah satu jenis permainan yang mengajarkan anak untuk mengatur manik-manik ke dalam benang. Secara umum, mainan ini menstimulasi motorik halus dan melatih koordinasi mata dan tangan anak. Perlu diingat bahwa mainan ini juga sering dibuat dengan bahan cat tidak beracun yang aman untuk anak-anak.

6. Hammer Set 8 Pasak
Jika anak Anda bergerak sangat aktif, cukup salurkan energinya dengan permainan hammer 8 set stake. Jenis mainan ini dapat membantu anak-anak menjadi lebih tenang, fokus dan juga melatih tangan anak-anak agar lebih luwes. Hammer Set 8 Stake juga memiliki manfaat untuk belajar secara hati-hati dan tepat dalam menganalisis suatu masalah.

Itulah beberapa jenis mainan anak yang bisa Anda berikan saat ia beranjak usia 2 tahun. Anda dapat dengan mudah memperolehnya di toko-toko terdekat. Dan selalu temani si kecil saat bermain sehingga dia merasa lebih didukung dan disayangi oleh kedua orang tuanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

%d bloggers like this: