Khasiat Labu Kuning untuk MPASI Bayi

Tahukah Anda khasiat labu kuning untuk MPASI bayi? Labu kuning merupakan buah yang pastinya mudah ditemui, baik itu di pasar maupun di supermarket. Kandungan yang terdapat di dalam labu kuning memiliki khasiat yang sangat penting untuk bayi. Anda dapat menjadikan buah ini sebagai salah satu buah untuk MPASI-nya. Labu kuning menjadi makanan sehat yang dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Kandungan labu kuning
– Cara membuat puree (bubur) labu kuning
– Khasiat labu kuning untuk MPASI

Anda dapat menjadikan labu kuning sebagai MPASI, karena labu kuning merupakan salah satu jenis sayuran terbaik untuk MPASI si kecil. Anda dapat jadikan labu kuning menjadi puree (bubur). Caranya dengan menyiapkan 50gr labu yang telah dicuci bersih. Kemudian, siapkan satu panci air dan didihkan. Jika air mendidih, Anda dapat memasukkan irisan labu kuning dan merebus sampai matang dan empuk. Jika sudah matang dan lunak, Anda bisa mengangkat dan meniriskannya. Saring labu sampai benar-benar halus. Lalu tambahkan ASI atau susu formula secukupnya agar tidak terlalu kental. Aduk sampai rata, dan berikan pada bayi Anda.

Di bawah ini khasiat labu kuning untuk MPASI bayi, yang penting untuk Anda ketahui:

Penyedia Nutrisi Penting
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam labu kuning sangat cocok untuk perkembangan si kecil, yaitu kalsium dan magnesium (membantu pembentukan tulang kuat), zat besi (menghasilkan hemoglobin atau sel darah merah), fosfor (untuk fungsi pencernaan, fungsi otak, pembentukan protein, keseimbangan hormon, dll), kalium, vitamin C, vitamin A, folat, riboflavin, vitamin E dan vitamin K. Vitamin C adalah elemen nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, sedangkan vitamin A adalah untuk penglihatan mata yang lebih baik.

Dapat Menginduksi Tidur
Dikutip dari Detik.com, labu kuning dapat menginduksi tidur bayi yang lebih baik. Karena terdapat juga kandungan tryptophan yang membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotonin. Selain itu, asam amino juga dapat menginduksi ketenangan dan juga rasa kantuk pada bayi.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Selain menjadi sumber vitamin C, labu kuning juga mengandung beberapa biokimia penting yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena dari sebuah penelitian, menunjukkan bahwa labu kuning juga mempromosikan proliferasi limfosit limpa, menghancurkan sel yang terinfeksi dan kanker. Labu kuning juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi efek oksidatif pada berbagai organ dan membantu melindunginya.

Sebagai Obat Cacing
Balita lebih rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi mikroba tetapi dari organisme makroskopik dan cacing. Labu kuning memiliki sifat obat cacing yang baik, yang tidak hanya menyembuhkan tetapi juga mencegah jika bayi mengkonsumsinya secara teratur.

Demikian khasiat yang dapat bayi dapatkan dari labu kuning, Anda dapat memberikan MPASI labu kuning secara teratur, namun tetap berikan MPASI yang bervariasi dari buah dan sayuran lain yang cocok dijadikan MPASI. Agar bayi tidak merasa bosan dengan makanan pendampingnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + four =

%d bloggers like this: