Resep MPASI Buah yang Sehat untuk Bayi

MPASI menjadi cara yang dilakukan para ibu untuk mengenalkan bayi pada makanan padat setelah dirinya berumur 6 bulan ke atas. Memberikan menu makan bayi dengan masakan Anda sendiri jauh lebih baik, bergizi dan bernutrisi ketimbang Anda membeli makanan bayi yang instant. Saat Anda membuatnya sendiri Anda akan tahu persis semua kebersihan dan kualitas bahannya. Untuk itu pada kesempatan ini kami membuat resep MPASI buah yang sehat untuk bayi Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang MPASI
– Buah-buah sehat untuk MPASI

Dikutip dari Okezone.com, ketika bayi yang telah memasuki fase menyantap MPASI, pastinya sang ibu ingin memberikan asupan makanan yang terbaik bagi bayinya. Paduan buah-buahan segar dan susu (bisa ASI atau susu formula bayi Anda) bisa menjadi menu MPASI untuk bayi. Berikut beberapa resep mpasi buah yang sehat untuk bayi yang perlu Anda coba:

Pisang
Apabila bayi telah berumur 6 bulan, MPASI yang baik untuknya yakni buah murni tanpa campuran gula. Buah pisang dikenal mengandung banyak karbohidrat dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan si kecil. Cara membuat bubur pisang ini cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan buah pisang yang manis dengan garpu sampai halus. Setelah itu campurkan pisang yang sudah halus dengan dua sendok makan ASI, kemudian aduk sampai rata.

Apel
Apel memiliki beragam kandungan seperti vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, dan potasium yang bisa membantu tumbuh kembang si bayi. Bubur buah apel untuk bayi, dapat membantu bayi mengetahui rasa asam dan rasa manis pada lidahnya. Cara membuat bubur ini terlebih dahulu kupas kulit apel, lalu blander hingga halus dan campurkan dengan dua sendok makan ASI.

Pir
Buah pir mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga potassium yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak dan perkembangan bayi. Sama seperti membuat bubur apel, Anda hanya perlu mengupas kulit pir kemudian haluskan dengan menggunakan blender, selanjutnya campurkan dengan dua sendok makan ASI. (Baca Juga: Jenis Sayuran Terbaik untuk MPASI si Kecil)

Pepaya & Jeruk
Buah pepaya dan jeruk sangat nikmat jika disatukan menjadi bubur bayi. Cara membuatnya yakni dengan menghaluskan pepaya dan jeruk ke dalam blender sampai halus kemudian campurkan dengan ASI dan aduk secara merata sebelum memberikannya pada bayi Anda.

Tomat
Yang perlu Anda siapkan ketika ingin membuat bubur tomat yakni 75 gram tomat merah yang telah dicuci dan enam sendom makan ASI. Caranya Anda seduh tomat dengan air panas, lalu diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu kupas kulit tomat dan lepaskan bijinya lalu haluskan tomat dengan blender. Tambahkan ASI dan aduk hingga rata.

Demikian beberapa rekomendasi bubur buah bayi yang bisa Anda berikan pada si kecil yang sedang memulai MPASI. ASI menjadi pengganti air putih agar bubur buah menjadi lebih cair sehingga dapat mempermudah bayi saat mengunyahnya. Buatlah bubur tersebut di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi Anda. Sangat mudah bukan membuatnya? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =

%d bloggers like this: