Minyak yang Aman untuk Pijat Bayi

Pijat bayi bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan perkembangan motorik pada bayi. Perlengkapan yang paling dibutuhkan saat ingin memijat adalah pelumas atau minyak pijat, untuk itulah kali ini kami membuat artikel minyak yang aman untuk pijat bayi agar Anda tidak lagi khawatir dalam menentukan minyak pijat mana yang cocok untuk bayi Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Manfaat pijat bayi
– Jenis-jenis minyak yang aman untuk pijat
– Manfaat yang terkandung dari minyak tersebut

Menurut Merdeka.com, pijatan yang lembut dan secara teratur untuk bayi akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sebab, membuat tulang bayi menjadi kuat serta mempertahankan tubuh bayi yang sehat. Selain itu, membantu bayi tidur lelap dan tetap aktif dan ceria.

Memijat bayi harus Anda lakukan dengan penuh kelembutan, sambil memijatnya ajak bayi berbicara atau bernyanyi sehingga bayi dapat menikmatinya dengan tenang. Manfaat pijat pada bayi dapat dirasakan melalui indera peraba, penciuman, penglihatan, pendengaran dan pengecapan. Penting pula untuk menggunakan minyak yang tepat untuk memijat anak Anda agar anak merasa nyaman dan tidak menyebabkan iritasi.

Di bawah ini beberapa minyak yang aman untuk pijat bayi yang dapat Anda ketahui:

Minyak Zaitun
Minyak zaitun (Olive oil) adalah minyak yang dihasilkan dari pengolahan buah zaitun murni tanpa penambahan senyawa lainnya. Zaitun memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, memiliki aroma yang lembut, dan tidak menghasilkan bau yang tidak sedap. Minyak zaitun juga sangat baik untuk membuat tubuh bayi merasa lebih rileks. Kulit bayi akan lebih halus dan lembut dan rambut bayi akan tumbuh lebat jika dioleskan secara merata dengan minyak zaitun. Namun perlu diperhatikan minyak ini tidak baik jika digunakan pada bayi yang memiliki kulit sensitif, karena kadar asam oleatnya yang tinggi.

Minyak Almond
Minyak almond memiliki kandungan yang kaya akan vitamin E dan nutrisi yang dapat memberi perlindungan lengkap untuk kulit bayi. Minyak almond dapat menenangkan bayi dan membuat bayi tidur lebih nyenyak. Akan tetapi sama seperti minyak zaitun, jika menggunakan minyak almond terlalu sering dapat membuat kulit bayi Anda terlihat berminyak.

Minyak Telon
Minyak telon berasal dari campuran tiga minyak, yaitu minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Minyak telon memang sudah menjadi teman akrab bagi bayi untuk menghangatkan tubuh setelah mandi. Minyak telon sangat baik karena membantu meringankan perut kembung, pilek, dan memiliki aroma yang khas. Maka dari itu, minyak ini juga cocok jika diaplikasikan untuk memijat bayi.

Minyak Kelapa
Minyak ini baik digunakan untuk pijat bayi karena memiliki tekstur yang ringan, mudah diserap oleh kulit, dan memberikan efek pendinginan bagi tubuh. Minyak kelapa mampu memberikan ketenangan pada tubuh dan aroma juga membuat pikiran tenang. Minyak kelapa juga membantu mencegah infeksi kulit pada bayi karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Minyak ini juga berguna untuk membuat kulit bayi lembab dan kenyal. Kekurangan minyak ini karena baunya yang tengik yag dapat mengurangi kenyamanan dalam proses pemijatan.

Minyak Mastard
Minyak ini sangat cocok dalam cuaca dingin, karena membuat tubuh bayi lebih hangat. Sebelum minyak mustard diaplikasikan langsung ke kulit bayi secara merata, Anda harus mencampurkan minyak tersebut dengan minyak esensial lainnya terlebih dahulu. Namun, penggunaan terus menerus dapat menimbulkan risiko, karena minyak ini sering dicampur dengan biji-bijian lainnya. Baunya yang tajam juga membuat bayi tidak nyaman.

Demikian rekomendasi minyak yang aman untuk pijat bayi Anda. Semoga memijat bayi menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 12 =

%d bloggers like this: