Tips Aman dan Mudah Bersihkan Hidung Bayi

Sebagai orang tua merupakan hal yang wajib untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh sang buah hati. Seluruh organ tubuh bayi sangatlah sensitif, maka dari itu Anda dituntut untuk hati-hati ketika membersihkannya. Untuk Anda yang sedang bingung dan khawatir ketika ingin membersihkan hidung bayi, Anda berada pada artikel yang tepat tips aman dan mudah bersihkan hidung bayi.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui tentang:
– Alasan mengapa penting membersihkan organ tubuh bayi
– Fungsi hidung
– Tips aman dan mudah bersihkan hidung bayi

Menurut bangka.tribunnews.com memang benar menjaga kebersihan tubuh bayi susah-susah gampang apalagi bagi para orang tua baru. Hidung bayi yang masih kecil dan mungil terkadang membuat Anda khawatir saat membersihkannya. Padahal organ ini termasuk bagian yang cepat kotor dan perlu untuk rutin dijaga dan dibersihkan.

Setelah sebelumnya kami pernah membuat artikel cara tepat membersihkan teliga anak, kini tidak hanya telinga yang harus Anda bersihkan secara rutin. Karena hidung bayi yang kotor dan tersumbat dapat membuat tubuh si bayi menjadi rentan. Jika Anda tidak rajin dan rutin membersihkannya, dapat dipastikan pernapasan bayi dapat mengalami gangguan. Padahal bayi baru bisa fasih bernafas lewat hidung saja belum bisa lewat mulut seperti layaknya orang dewasa.

Hidung merupakan indra penciuman, banyak para ahli yang berpendapat bahwa hidung memiliki kemampuan untuk membersihkan kotorannya sendiri tanpa harus Anda bersihkan, namun itu bukan berarti Anda membiarkan hidung si bayi kotor tanpa membersihkannya. Maka dari itu Anda harus mengikuti tips yang telah kami siapkan untuk Anda.

Di bawah ini merupakan tips aman dan mudah bersihkan hidung bayi Anda:

1. Anda bisa menggunakan cotton bad, kapas atau kain lembut yang telah diberi sedikit air hangat, Anda bisa memasukkannya perlahan-lahan ke lubang hidung bayi Anda secara perlahan. Anda bisa membersihkannya dengan gerakan memutar dari kiri ke kanan secara perlahan. Hal yang harus diingat jangan masukkan terlalu dalam. Anda juga dapat memakai pinset kecil untuk mengeluarkan kotorannya.

2. Jika terdapat lendir yang mengering di hidung sebaiknya Anda lunakkan terlebih dahulu. Masukkan kapas basah yang hangat lalu tunggu hingga lendir mengencer. Jangan terlalu keras karena cuping hidung bayi masih sangat sensitif.

3. Jangan gunakan kain kasar untuk menghilangkan kotoran di hidung bayi apalagi menggunakan jari Anda karena akan melukai hidung bayi dan membuat kotoran tersebut semakin masuk ke dalam lubang hidung.

4. Jangan menyedot ingus si kecil dengan mulut karena dapat berisiko melukai hidungnya. Menyedot ingus sekaligus juga akan menyebabkan lendir naik ke telinga tengah dan akan menyebabkan infeksi.

Semua tips diatas haruslah dilakukan dengan hati-hati dan secara rutin, agar kebersihan organ tubuh bayi terutama alat pernafasannya (hidung) berjalan dengan lancar dan sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 19 =

%d bloggers like this: