Tips Jitu Atasi Stres Saat Hamil

Hal yang paling umum dialami oleh wanita hamil, apalagi jika merupakan kehamilan yang pertama adalah stres. Stres yang dirasakan oleh ibu hamil diketahui sangat berpengaruh dan bisa membahayakan ibu dan buah hati yang dikandungnya. Oleh karenanya hal itu harus segera diatasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada ibu dan calon buah hati.

Berikut beberapa tips jitu atasi stress saat hamil yang bisa Anda lakukan :

Olahraga ringan
Melakukan olahraga untuk ibu hamil sangat baik untuk memperbaiki mood dan juga bagus untuk manajemen berat badan agar terhindar dari diabetes. Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan seperti berjalan kaki, berolahraga kehamilan, latihan pernapasan, yoga, dan masih banyak lagi. Atau untuk melakukan olahraga ini Anda bisa mengikuti beberapa tips aman berolahraga saat hamil agar olahraga pun terasa semakin menyenangkan dan aman dilakukan.

Beristirahat yang cukup
Istirahat yang cukup akan menghilangkan stres selama kehamilan dan mencegah keguguran secara alami. Jangan pernah menunda waktu tidur karena ibu hamil mungkin merasa sangat lelah sepanjang hari. Akan tetapi, Sebaiknya hindari tidur di pagi hari karena bagi wanita hamil dapat menyebabkan insomnia, kelesuan, gangguan metabolisme, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, hingga kebanyakan cairan ketuban.

Curhat dengan pasangan
Selain dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan. Curhat dengan pasangan merupakan salah satu tips jitu untuk mengatasi stress, disini peran serta suami sangat penting untuk bersama membuat keputusan dan merencanakan berbagai persiapan untuk sang buah hati. Hal inilah yang akan membantu meringankan beban ibu hamil.

Bergabung dengan komunitas
Bila Anda merasa sangat stres mungkin disebabkan karena belum siap menjadi orang tua. Hal ini sangat sering dialami oleh ibu yang pertama kali memiliki bayi. Sebaiknya bergabunglah dengan komunitas, misalnya komunitas atau grup ibu hamil. Dengan begitu, Anda dan ibu hamil lainnya dapat bertukar ilmu dan pikiran seputar kehamilan.

Makan makanan bergizi
Wanita hamil harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk menghindari stres. Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bisa mengurangi tekanan darah yang membuat janin lebih nyaman. Beberapa makanan yang diyakini dapat mengurangi tingkat stres mencakup ikan salmon, ikan tuna kaleng, kacang hijau, kalkun, ayam tanpa lemak, yogurt sehat dan buah-buahan segar. Selain itu, Anda juga harus perbanyak minum air putih agar tidak kehilangan konsentrasi.

Menghirup udara segar
Menghirup udara segar sangat penting bagi ibu hamil. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati udara segar. Jalan-jalan di pagi hari saat udara segar bisa memperbaiki mood agar lebih bahagia.

Menjaga kebersihan tubuh
Memiliki tubuh yang wangi dan bersih juga bisa mengubah mood lebih baik. Jaga kebersihan tubuh dan wajah dengan produk yang aman untuk wanita hamil. Intinya wanita hamil harus terlihat segar dan bersih sehingga hati juga terasa bahagia.

Pijat dan relaksasi
Pijat kehamilan sebaiknya tidak sembarangan. Sebaiknya lakukan setelah trimester pertama. Selain itu, pijat dan relaksasi juga harus dilakukan di tempat ahli atau bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga beberapa tips jitu diatas dapat membantu Anda mengatasi stress saat hamil. Ibu hamil juga harus pandai mengatur dan mengelola rasa dan perasaan stress itu. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman, tenang dan terbebas dari rasa khawatir dan gelisah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

%d bloggers like this: