Tips Merawat Payudara Saat Menyusui

Merawat payudara memanglah perlu perhatian khusus apalagi di masa-masa Bunda sedang menyusui. Karena payudara yang terawat dan sehat akan mampu untuk membantu melancarkan produksi ASI. Namun terkadang saat menyusui, bisa saja ada masalah yang terjadi pada payudara dan puting, misalnya puting kering, nyeri pada puting, bentuk payudara dan lain sebaginya. Untuk itu Bunda harus mengikuti tips merawat payudara saat menyusui untuk menghindari hal-hal yang tidak Bunda inginkan terjadi.

Menjadi seorang ibu adalah impian besar semua wanita di dunia ini. Saat sang buah hati terlahir ke dunia maka semua tertuju kepadanya dan semua perhatian teralih pada si bayi. Menjadi seorang ibu akan terasa lebih lengkap jika memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama hal ini merupakan dampak yang sangat positif bagi perkembangan bayi. Karena tidak ada makanan yang bisa bersaing dengan gizi dan nutrisi yang ada pada ASI. Ada baiknya sebelum menyusui Bunda pelajari beberapa persiapan masa menyusui agar kegiatan menyusui terasa nyaman dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips merawat payudara saat menyusui, diantaranya sebagai berikut:

1. Pilih Bra yang Tepat
Pilih dan gunakan bra yang bisa menyerap keringat dan ukuran yang tepat (tidak terlalu sempit) agar dapat menyangga payudara dengan baik. Disarankan menggunakan bra khusus ibu menyusui, karena dapat mempermudah Bunda saat memberikan ASI.

2. Bersihkan Puting Secara Rutin
Bersihkan puting susu dengan air hangat setelah mandi secara rutin. Hindari penggunaan sabun mandi terkena puting susu karena akan membuat putingnya kering dan terkelupas dan akhirnya lapisan puting susu akan terasa nyeri saat menyusui.

3. Pijat Payudara dengan Lembut
Lakukan pemijatan di bagian puting payudara dan daerah sekitarnya secara lembut dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari. Hal ini berfungsi untuk menambah kelenturan dan kelembaban payudara, bahkan dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di bagian ini. Ide terbaik saat melakukan pemijatan ini dengan menggunakan baby oil, minyak zaitun atau minyak kelapa dan bila selesai dipijat kemudian bersihkan putingnya dengan menggunakan air hangat.

4. Gerakan Otot
Lakukan gerakan-gerakan otot pada tubuh yang berfungsi sebagai penopang payudara, hal ini bisa menjaga bentuk payudara setelah menyusui dan juga bisa mempelancar produksi ASI.

5. Mengatasi Gigitan Bayi
Jika puting Bunda lecet karena gigitan bayi maka oleskan beberapa tetes ASI ke puting yang lecet dan biarkan sampai kering sebelum menutupnya kembali dengan bra. ASI adalah penyembuh luka akibat gigitan bayi.

Merawat payudara saat menyusui merupakan salah satu hal yang sama dengan memelihara kualiatas ASI yang Bunda berikan tetap baik. Itulah beberapa tips merawat payudara saat menyusui untuk Bunda, selain itu perlu juga memperhatikan pola makan, mengatur waktu istirahat dan biasakan minum air putih secara teratur agar stamina saat menyusui tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

%d bloggers like this: