Tips Mencerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan

Orang tua sangat mendambakan anak-anak yang cerdas (memiliki IQ tinggi), Bunda harus menyadari bahwa kesuksesan dalam meningkatkan kecerdasan anak sudah dimulai dari dalam rahim. Tidak hanya tentang makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi dan Bunda namun kecerdasan anak dilatih oleh beberapa rangsangan yang bisa dilakukan di dalam kandungan. Selama kehamilan bayi di dalam kandungan bisa menyerap latihan ibu yang bertujuan untuk merangsang kecerdasannya di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa tips mencerdaskan anak sejak dalam kandungan :

1. Berolahraga dan konsumsi makanan sehat
Olahraga saat hamil secara teratur perlu dilakukan, ini 5 olahraga yang aman untuk ibu hamil agar fisik Bunda dan bayi selalu sehat. Selain itu, Bunda juga harus menjaga pola makan sehat setiap hari, sehingga bayi di kandungan bisa mendapatkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

2. Hindari kontaminan
Hindari narkoba, alkohol, asap rokok, dan kontaminan lainnya. Hal ini telah terbukti menjadi perhatian besar perkembangan otak bayi di rahim.

3. Konsumsilah asam folat
Manfaat asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil, karena memiliki manfaat sebagai sumber produksi eritrosit yang tinggi. Hal inilah yang dapat membuat perkembangan otak dan tulang sumsum bayi di dalam kandungan menjadi lebih baik serta dapat mengurangi dan juga mencegah kerusakan otak pada bayi.

4. Makan minyak ikan
Minyak ikan mengandung Omega-3 DHA/EPA yang merupakan nutrisi untuk membantu kecerdasan otak. Karena itu, untuk bisa mendapatkan bayi dengan tingkat kecerdasan tinggi, maka sedini mungkin Bunda bisa mengonsumsi minyak ikan. Saat ini, terlalu banyak suplemen Omega-3 yang dijual, namun alangkah baiknya konsultasikan pada dokter kandungan minyak ikan mana yang baik dan aman untuk Bunda konsumsi.

5. Rutin berjemur di pagi hari
Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Untuk itu, usahakan Ibu berjemur di bawah sinar matahari pagi di bawah jam 9 pagi setiap hari.

6. Hindari stres
Kondisi stres atau depresi harus dihindari karena hormon ibu yang meningkat saat stres bisa masuk ke otak janin, yang tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan perkembangan otak janin. Buat diri sesantai dan senyaman mungkin, jangan terlalu banyak pikiran dan selalu positive thinking.

7. Mengkonsumsi ikan salmon, tuna, dan mackerel
Ketiga jenis ikan tersebut memiliki kadar minyak omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Bagi Ibu yang sedang hamil sendiri, sebaiknya mengkonsumsi 2 porsi per minggu saja. Potensi melahirkan bayi dengan IQ tinggi pasti bisa lebih besar.

8. Berkomunikasi dengan janin di dalam kandungan
Janin di dalam kandungan yang sudah berusia 7 bulan sudah bisa mendengar, sehingga akan merespon saat mendengar suara dari luar. Untuk itu, Bunda atau ayah sebaiknya lebih sering mengajak janin untuk berbicara walaupun sejak masih di dalam kandungan.

9. Dengarkan musik klasik
Bunda tidak perlu membeli earphone khusus untuk diletakkan di perut. Mendengarkan musik klasik saat Bunda melakukan aktivitas sehari-hari dapat membantu membangun jembatan saraf di otak bayi. Namun, jika Anda tidak suka mendengarkan musik klasik, Anda bisa mengubah jenis musik yang lebih menenangkan. Intinya, mendengarkan musik akan membuat wanita hamil lebih tenang dan nyaman, yang pada akhirnya juga mempengaruhi janin.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan kepada Bunda untuk mencerdaskan anak sejak dalam kandungan. Semoga dapat Bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 3 =

%d bloggers like this: