Tips Aman Berolahraga Saat Hamil

Tentunya kita telah menyadari bahwasanya olahraga merupakan salah satu kegiatan penting untuk menunjang kesehatan tubuh yang kita miliki. Tidak hanya itu, saat berolahraga kita menikmati udara segar yang dapat membuat tubuh maupun pikiran menjadi tenang. Olahraga juga menjadi gaya hidup yang sehat dan bugar, kegiatan yang dapat melemaskan otot-otot tubuh dan bahkan dapat menjadi salah satu sarana bagi yang ingin diet, karena umumnya olahraga mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh kita.

Sebenarnya menjaga kehamilan bukan berarti Anda tidak boleh terlalu banyak gerak dan hanya menikmati waktu untuk beristirahat saja sepanjang hari. Tubuh yang aktif dapat mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan ibu dan calon bayi yang berada di dalam kandungan, karena berolahraga di masa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperoleh persalinan yang lancar.

Ada sebagian olahraga yang pastinya aman dilakukan oleh ibu hamil, namun meskipun aman tidak semua ibu yang hamil dapat melakukannya, tergantung dari kondisi ibu hamil tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus konsultasikan juga hal ini pada dokter kandungan Anda. Sebagai referensi di bawah ini adalah tips olahraga yang aman dilakukan untuk ibu hamil.

1. Siapkan mental
Karena sebelum Anda melakukan olahraga sebaiknya siapkan mental terlebih dahulu dan juga kesehatan tubuh yang fit, jangan sampai olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan Anda dan sang buah hati malah mendapatkan hal sebaliknya.

2. Lakukan pemanasan
Pemanasan sangat penting untuk membuat otot-otot saat memulai olahraga menjadi tidak kaku, serta lakukan pula pendinginan setelah Anda melakukan aktivitas olahraga.

3. Selalu ada yang mendampingi saat olahraga
Untuk menghindari resiko cedera, Anda diwajibkan berolahraga diawasi oleh orang terdekat maupun instruktur olahraga Anda. Menemani istri berolahraga adalah salah satu hal yang dapat dilakukan suami saat istri hamil.

4. Jangan memaksakan diri
Lakukan olahraga semampu Anda, jangan paksakan diri jika mulai kelelahan dan jika ingin berniat masih melakukannya, cobalah untuk istrahat sejenak sebelum melanjutkannya.

5. Siapkan minum
Frekuensi buang air kecil ibu hamil cukup sering sehingga dapat menyebabkan sang ibu kehilangan banyak cairan, dan begitu juga saat olahraga kebutuhan minum akan semakin meningkat akibat kehilngan cairan tubuh dari energi ekstra yang Anda gunakan saat berolahraga. Sebaiknya minum air putih sesering mungkin saat sedang berolaharga atau saat ibu merasakan mulai dehidrasi.

6. Selalu konsultasi pada dokter
Karena nyatanya setiap kehamilan yang dialami seluruh wanita bermacam-macam dan memiliki perbedaan, dokter menjadi satu-satunya orang yang tahu apa yang terbaik bagi Anda. Bicarakan padanya tentang rincian rutinitas olahraga Anda atau apapun yang Anda rasakan saat berolahraga dan ikuti penjelasan darinya.

Selain tips aman dalam berolahraga tersebut, Anda pun harus tetap menjaga kesehatan tubuh Anda dan sang calon buah hati untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat yang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan ibu serta bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

%d bloggers like this: