Dampak Pemakaian Kontrasepsi Bagi Wanita

Seperti yang Anda ketahui bahwa pengaturan kehamilan menjadi kebutuhan yang bisa dibilang mutlak bagi keluarga saat ini. Dengan mengatur jarak kehamilan, memiliki dampak positif terkait penurunan risiko kehamilan, dapat mendampingi tumbuh kembang anak sebelumnya, memiliki waktu bersosialisasi dengan lingkungan dan memiliki ruang untuk pasangan suami istri mewujudkan keluarga yang harmonis serta membantu ekonomi keluarga. Karena itu metode kontrasepsi menjadi pilihan dalam pengaturan kehamilan.

Hampir setiap pasangan suami istri perlu untuk merencanakan kehamilan dan sekaligus membatasi jumlah anak. Bahkan kita sebagai warga Indonesia sudah tidak asing dengan program pemerintah yang bernama KB atau Keluarga Berencana, dahulu program KB dikhususkan untuk para pasangan suami istri karena pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Namun banyak juga pasangan yang menunda kehamilan dengan berbagai alasan misalnya karir, finansial, pendidikan dan lain sebagainya. Alat kontrasepsi bisa pula disebut cara efektif mencegah kehamilan. Pemilihan alat kontrasepsi yang baik dan tepat dapat membantu para wanita menunda kehamilannya. Jarak kehamilan menjadi penting dalam keluarga. Idealnya, seorang ibu harus memberikan jarak kehamilan 3 sampai 5 tahun untuk kembali mengandung.

Dengan banyaknya metode kontrasepsi, tidak menutup kemungkinan akan adanya kegagalan dalam niatan untuk menunda kehamilan, hal ini disebabkan seperti adanya kesalahan dalam pemakaian, penggunaan yang terlewat atau tidak teratur. Alat kontrasepsi yang bisa menjadi salah satu pilihan misalnya kingdom, IUD, suntik dan lain-lain, namun sebelum memilih ada baiknya Anda pun memikirkan dampak negatif apa yang akan ditimbulkan dari pemakaian salah satu alat kontrasepsi tersebut.

Dampak umum yang sering dikeluhkan bagi wanita yang menggunakan alat kontrasepsi:

1. Mual
Mual merupakan hal yang normal. Pasalnya, hormon sintetis dalam metode KB bekerja secara berbeda pada setiap wanita. Reaksi ini kemungkinan dapat menghilang dalam waktu dua bulan. Cobalah untuk mengonsumsi bersama dengan makanan sebelum beralih ke metode kontrasepsi lain.

2. Menstruasi berlebihan
Menstruasi berlebihan merupakan salah satu dampak yang paling banyak disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi. Baik itu pil, suntik, spiral dan lain sebagainya. Sementara, keluhan yang ditimbulkan seperti pendarahan yang tidak teratur, volume darah haid yang banyak, serta flek. Walau demikian, efek tersebut akan timbul dalam waktu sementara, beberapa bulan setelah mencoba metode kontrasepsi baru.

3. Perubahan mood
Pastikan perubahan mood yang Anda alami tidak terjadi hampir sebulan. Karena, hal tersebut merupakan salah satu dampak dari penggunaan setiap alat kontrasepsi, bahkan umumnya perubahan mood itu pun dapat mempengaruhi gairah seksual pasangan satu sama lain.

4. Dapat menaikkan berat badan
Umumnya Pil KB dipercaya sebagai salah satu alat kontrasepsi yang tidak dianjurkan untuk wanita yang bertubuh gemuk. Oleh karenanya, para ahli kandungan menganjurkan, alat kontrasepsi seperti pil KB, cincin, ataupun koyo, hanya efektif untuk wanita dengan berat badan maksimal 80 kg. Walaupun sebenarnya dampak yang jarang terjadi, namun beberapa wanita mengalami kenaikan berat badan tubuh. Hal ini terjadi akibat penumpukan cairan saat menggunakan alat kontrasepsi.

5. Sakit kepala
Dampak berikut ini adalah dampak yang sangat sering terjadi bagi setiap pengguna alat kontrasepsi yakni sakit kepala yang kadang berlangsung hingga beberapa minggu, termasuk migrain, umumnya berkaitan dengan fluktuasi hormonal pada wanita.

Pemilihan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan merupakan pilihan yang harus diputuskan bersama dengan pasangan, jangan sampai Anda memutuskan tanpa membicarakan terlebih dahulu bersama pasangan. Karena perlu dipertimbangkan apakah pasangan masih ingin memiliki anak atau tidak, apakah ibu sedang menyusui atau tidak, kapan pasangan ingin memiliki anak lagi, atau adakah penyakit tertentu pada wanita yang bisa diperburuk dengan kontrasepsi. Selain itu pertimbangkan pula harga dan kepraktisan dari setiap alat kontrapsi yang akan Anda dan pasangan pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

%d bloggers like this: