Berbagai Manfaat Babywearing

Mungkin banyak orang awam tidak tahu mengenai istilah babywearing? Namun tahukah Mimipipi sekalian bahwa istilah ini ternyata berarti menggendong bayi. Menggendong bayi pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja, baik tanpa alat bantu maupun dengan alat. Perlu dicatat, babywearing lebih mengarah kepada menggendong bayi dengan alat bantu. Oleh karena itu, mari simak berbagai manfaat babywearing diartikel kali ini.

1. Bayi Tidak Gampang Menangis
Bayi menyalurkan emosinya memang dengan cara menangis. Terhitung kurang lebih 12 alasan bayi menangis dan cara meredakannya yang bisa Anda jadikan patokan ketika si kecil terus rewel. Namun, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Pediatrics, mengatakan bahwa jika bayi digendong selama 3 jam, lebih jarang menangis sebesar 43% daripada yang tidak digendong sama sekali. Babywearing saat ini terbukti membuat bayi merasa lebih nyaman.

Bayi yang gendong pun akan merasa begitu tenang karena kebutuhan dasarnya terpenuhi. Bayi bisa mendengar, menyentuh, mencium dan merasakan gerakan yang dibutuhkan untuk perkembangan saraf otak, kesehatan pencernaan dan pernafasan, serta membangun keseimbangan.

2. Bayi Lebih Sehat
Salah satu manfaat penting dari babywearing adalah bayi akan lebih sehat, tidak hanya untuk bayi yang lahir normal. Sebenarnya satu penelitian menyebutkan bahwa babywearing dapat membantu bayi prematur tumbuh dengan baik. Babywearing akan membantu bayi agar lebih selaras dalam mengatur detak jantungnya. Perasaan nyaman yang diterima saat babywearing akan membuat bayi tumbuh sehat.

3. Babywearing Akan Membuat Ibu Merasa Lebih Percaya Diri
Salah satu keunggulan babywearing adalah membuat ibu lebih percaya diri. Babywearing membuat ibu lebih peka terhadap gerakan bayi. Hal ini membuat ibu lebih peka terhadap keinginan bayi. Tentu hal ini membantu ibu merasa lebih percaya diri mengetahui apa yang sedang terjadi pada anaknya. Selain itu, babywearing juga bisa membantu meningkatkan kedekatan emosional ibu dan bayi. Babywearing juga bisa digunakan sebagai terapi bagi ibu yang mengalami depresi pascamelahirkan, agar bisa bergabung dengan bayi.

4. Bayi Lebih Mengenal Orang Tuanya
Manfaat lainnya yang penting dari babywearing adalah membantu bayi mengenal orang tua mereka. Dengan babywearing, bayi akan merasa dekat dengan suara orang yang membawanya. Tidak hanya itu bayi juga akan mengenali ekspresi wajah, gerakan dan detak jantung. Ini akan mendorong kedekatan antara bayi dan orang tua.

5. Babywearing Membuat Ibu Lebih Nyaman
Alih-alih menggunakan kereta dorong bayi, babaywearing justru membuat sang ibu merasa lebih nyaman. Selain itu ibu juga lebih leluasa bergerak tanpa meninggalkan si kecil. Babywearing membantu ibu tetap bekerja, sekaligus masih dalam pengawasan ibu. Selain itu, hormon progesteron Anda akan meningkat ketika berdekatan dengan si kecil, sehingga meningkatkan maternal bond dengan bayi, dan juga membuat proses menyusui lebih lancar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + sixteen =

%d bloggers like this: