Tetap Aman Bekerja Saat Hamil

Loading...

Sebagian wanita hamil tentu saja bisa menjalani masa mengandung tanpa perlu berhenti dari pekerjaan mereka. Walaupun begitu, pastinya ada penyesuaian yang perlu dilakukan pada saat bekerja selama hamil supaya tidak mempengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda. Bahkan Anda pasti ingin tetap aman bekerja saat hamil bukan?

Wanita hamil sebenarnya tidak boleh terlalu lelah dan stres, tapi saat ini banyak wanita hamil yang bekerja sebagai wanita karir sehingga tetap harus bekerja bahkan saat hamil. Menjaga kehamilan dan menjalani pekerjaan memang perlu diimbangi sehingga Anda juga tidak perlu khawatir dengan kondisi kehamilan. (Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Ditinggal Bekerja)

Oleh karena itu, ada beberapa tips aman bekerja selama kehamilan yang akan menjaga kesehatan janin dan ibu tetap sehat. Tips ini tentunya penting bagi ibu hamil supaya janin di dalam perut juga dalam kondisi baik.

1. Periksakan Diri ke Dokter Setiap Weekend
Pada hari biasa, Anda mungkin tidak bisa memeriksakan kehamilan ke dokter karena sibuk bekerja, maka sempatkan waktu saat akhir pekan tiba untuk check up ke dokter. Manfaatkan akhir pekan untuk kontrol kehamilan dan Anda dapat menggunakan semua waktu untuk bersantai demi istirahat tubuh dan pikiran.

2. Berpenampilan Layaknya Wanita Hamil
Karena Anda memang hamil, maka jangan takut menggunakan pakaian khusus untuk wanita hamil. Hindari memakai pakaian yang kurang nyaman saat bekerja, seperti mengenakan baju yang agak ketat. Pakaian yang perlu dikenakan adalah baju longgar dimana Anda bisa merasa nyaman dan bisa bernafas lega.

3. Memperhatikan Posisi Duduk
Posisi duduk di tempat kerja harus diperhatikan dan pastikan posisi yang Anda ambil adalah yang paling santai dimana kursi juga menopang punggung Anda. Hindari membungkuk ke depan saat mengetik karena perut mendapat tekanan. Hati-hati karena gerakan yang salah bisa membuat keselamtan janin terancam.

4. Menyediakan Sandaran Kaki
Kaki wanita hamil bisa membesar seiring perkembangan yang terjadi pada kehamilannya. Menyiapkan bangku kecil adalah hal terbaik karena bisa dijadikan sandaran kaki saat bekerja. Dengan posisi duduk yang nyaman dan kaki juga nyaman, maka Anda akan bekerja lebih santai.

5. Jaga Kondisi Tidak Terlalu Lelah
Kegiatan di tempat kerja bisa beragam dan terkadang sangat tidak terduga. Namun, apapun pekerjaan yang nampaknya berat untuk dilakukan, mintalah seseorang untuk melakukannya agar Anda tidak terlalu lelah.

6. Jaga Emosi
Wanita hamil jelas akan menyadari bagaimana suasana hati dapat dengan mudah berubah karena ketidakstabilan hormon, seperti ingin berteriak atau menangis tiba-tiba. Pikiran Anda dikendalikan oleh hormon, lalu bila Anda merasakannya hal ini, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan napas perlahan untuk menenangkan diri. Jika ini tidak cukup, cari udara segar di luar ruangan sebelum Anda melanjutkan pekerjaan Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =

%d bloggers like this: