Berbagai Manfaat Berenang Saat Hamil

Loading...

Seperti yang telah diketahui, semua jenis latihan aerobik ringan bisa memberikan manfaat kesehatan untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Selain berjalan-jalan dan senam, bagi Anda yang sedang hamil juga bisa mencoba untuk berenang karena berpotensi untuk memperkuat kerja jantung dalam memompa darah. Selain itu, masih banyak berbagai manfaat berenang saat hamil yang bisa Anda dapatkan.

Pada dasarnya, berenang bermanfaat baik dalam mengatasi masalah sirkulasi darah ke seluruh tubuh, bahkan mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Oleh karena itulah, tidak salah jika Anda telah mengajarkan berenang untuk anak sejak dari kandungan karena memang aktivitas ini sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil
Berenang dapat menjadi latihan yang ideal selama masa-masa kehamilan, karena selain kecilnya resiko untuk cidera, tidak ada resiko lainnya seperti Anda terjatuh lalu menghantam perut dan melukai si buah hati. Bukan hanya itu, olahraga air ini mempermudah Anda untuk bebas bergerak tanpa menekan sendi-sendi. Bahkan pada umumnya, berenang aman dilakukan kapan saja selama hamil, bahkan hamil tua sekalipun. Sebagai salah satu latihan terbaik dan teraman bagi wanita hamil, inilah beberapa manfaat kesehatan dari berenang.

1. Melepaskan otot punggung yang tegang
Saat perut semakin membesar, bahu dan tulang belakang akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi normal. Hal ini bisa meningkatkan beban di bagian belakang. Tapi berkat latihan renang rutin, beban di punggung ini bisa dikurangi. Selain itu, otot pun akan menjadi lebih kuat karena berenang melibatkan otot lengan dan kaki.

2. Membantu ibu hamil menjaga berat badan tetap ideal
Tak bisa dipungkiri jika kehamilan akan menambah berat badan wanita, terlebih lagi saat usia janin mulai bertambah. Jika Anda ingin menjaga berat badan tidak terlalu berlebihan, maka Anda bisa berenang secara rutin supaya berat badan tetap ideal.

3. Meredakan bengkak di lengan dan kaki
Berenang juga dapat meredakan pembengkakan pada lengan dan kaki ibu hamil karena saat melakukan gerakan berenang, seluruh otot dalam tubuh bekerja secara dinamis sehingga aliran darah pun semakin lancar.

4. Latihan berenang tidak membebani fisik Anda atau membuat lelah
Daya apung memungkinkan Anda untuk bergerak bebas tanpa terbebani oleh penambahan berat badan. Di dalam air, Anda bahkan bisa mengambil posisi telentang tanpa khawatir adanya gangguan aliran darah.

5. Jadikan berenang sebagai aktivitas pertama di pagi hari karena bisa mencegah mual dan mengisi energi Anda
Namun perlu diingat, jangan memaksakan diri saat bau klorin dari kolam membuat Anda mual atau tidak nyaman pada kulit dan mata. Jika memungkinkan, berenanglah di kolam air asin, tapi jangan di laut atau danau karena bakteri dan kuman bisa menyebabkan penyakit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 4 =

%d bloggers like this: