Tips Meminimalisir Nyeri Persalinan

Loading...

Persalinan menjadi proses yang wajib dilakukan oleh setiap wanita hamil setelah mengandung sembilan bulan lebih. Namun nyeri bersalin tidak dapat dihindari sehingga tak sedikit pula wanita yang merasa ‘tersiksa’ saat melahirkan. Namun ternyata ada beberapa tips meminimalisir nyeri persalinan yang bisa Anda lakukan agar lebih rileks ketika melahirkan buah hati.

Terkadang timbul berbagai pertanyaan seputar nyeri saat hamil, salah satunya adalah berbahayakah nyeri perut selama kehamilan? Perlu Anda ketahui bahwa nyeri perut ketika hamil memang wajar, namun Anda juga harus tetap waspada karena rasa nyeri dapat menjadi pertanda bahaya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa bahaya nyeri kehamilan yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya.

Anda bisa mengurangi atau meminimalisir ketidaknyamanan yang terjadi dengan segala bentuk aktivitas yang dapat membuat Anda lebih rileks saat proses persalinan terjadi. Ikutilah beberapa tips di bawah ini supaya Anda bisa mengurangi rasa nyeri sehingga dapat tenang secara fisik maupun pikiran selama kontraksi bersalin:

1. Tempat yang Nyaman
Ketika menjalani proses persalinan, pastikan Anda memilih tempat yang nyaman sekaligus memberikan rasa aman. Mau home birth, water birth, atau bersalin di rumah sakit manapun, yang penting dapat membuat Anda nyaman. Idealnya, ketika melahirkan tiba, Anda harus mempunyai ruang untuk berjalan-jalan dan mandi.

Selain itu, sediakan pula perangkat yang membuat Anda nyaman, seperti menyiapkan playlist lagu kesukaan, selimut, ranjang empuk, dan sebagainya. Namun, jika Anda memilih untuk melahirkan di rumah, pikirkan juga akses tercepat ke rumah sakit atau bidan untuk berjaga-jaga.

2. Pelajari Informasi Persalinan
Dengan mencari tahu segala sesatu tentang persalinan melalui buku, internet, majalah atau diskusi sesama ibu hamil, dapat memberikan Anda pengetahuan lebih mengenai bagaimana mengatasi nyeri yang berlebihan saat bersalin. Jangan lupa juga membiasakan diri dengan prosedur di klinik bersalin atau rumah sakit. Pengetahuan ini akan memberikan sedikit kejutan saat hari H tiba.

3. Pijatan
Mintalah suami atau keluarga Anda untuk memijat punggung bagian bawah. Gunakan pula minyak beraromaterapi yang lembut dan menenangkan agar Anda bertambah nyaman. Terkadang pijatan-pijatan kecil dari orang tercinta dapat membuat Anda lebih rileks saat persalinan.

4. Latihan Pernafasan Berirama
Ketika memasuki bulan akhir kehamilan, sudah seharusnya Anda berlatih pernafasan. Tarik nafas secara penuh dalam irama pelan selama kontraksi. Coba untuk melepaskan ketegangan tiap kali membuang nafas, serta lakukan sembari merintih. Anda juga dapat mengambil nafas cepat, sekitar satu tarikan setiap tiga detik. Apabila Anda kehilangan ritme nafas ini, pasangan Anda dapat membantu memperolehnya kembali melalui kontak mata, gerakan kepala, sentuhan tangan atau berbicara di sela-sela kontraksi.

5. Terus Bergerak
Mengurasi rasa nyeri persalinan juga dapat Anda lakukan dengan cara terus bergerak sebanyak yang Anda bisa. Cobalah untuk berjalan-jalan sekitar ruangan, berjongkok, ataupun tidak menyamping. Beberapa posisi akan terasa nyaman daripada yang lain, jadi jangan risau untuk mencoba berbagai posisi yang membuat Anda nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 12 =

%d bloggers like this: