Jenis Makanan Penambah Bobot Anak

Loading...

Apakah Anda sedang khawatir akan tubuh si kecil yang terlihat lebih kurus jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya? Sebenarnya kalau dokter menyatakan anak Anda sehat, Anda tidak perlu khawatir dengan berat badannya. Tetapi jika berat anak memang di bawah rata-rata bobot seusianya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh si kecil semakin berisi, salah satunya memberikan asupan dengan jenis makanan penambah bobot anak.

Di kesempatan sebelumnya, kami telah memberitahukan tentang 4 zat penting untuk menambah tinggi badan anak jika tubuh si kecil lebih pendek dari teman-temannya. Berbeda dengan tinggi, kali ini kami akan memberitahukan beberapa jenis makanan yang digunakan untuk menambah bobot anak. Apa sajakah itu? Mari baca penjelasannya di bawah ini.

1. Tambah Asupan Lemak
Menambah asupan lemak pada menu makan anak ialah cara jitu dan mudah untuk meningkatkan kalori, karena pada 1 gram lemak mengandung banyak kalori jika dibandingkan dengan sumber gizi lainnya. Kanola, minyak zaitun, mentega, dan mayones trans-fat dapat Anda gunakan sebagai bahan memasak makanan si kecil. Selain itu, Anda bisa menambahkan 1 sdm dari salah satu bahan makanan tersebut akan menaikkan jumlah kalori hingga 120 kkal.

Anda juga bisa memberikan saus krim atau keju leleh pada pasta, nasi, atau sayur-sayuran sebagai cara alternatif menambah kalori di menu makanan anak Anda. ketika sedang memasak pun, gantilah bahan rendah lemak dengan bahan kadar lemak tinggi.

2. Makanan Berkalori Tinggi
Anak berusia 2-3 tahun biasanya membutuhkan kurang lebih 1000 kkal per hari, sedangkan anak berusia 4-8 tahun membutuhkan 1200-1400 kkal setiap harinya, sehingga rata-rata manusia membutuhkan tambahan 3.500 kkal untuk menaikkan 5 ons dari berat tubuhnya. Dengan menambah asupan kalori sebesar 500 kkal pada total kebutuhan kalori anak tiap harinya, maka bobot si kecil pun akan bertambah 5 ons per minggu.

3. Tambah Asupan Karbohidrat
Karbohidrat ialah sumber gizi yang kaya kalori meskipun tidak sebanyak dalam kandungan lemak. Anda bisa memberikan camilan tinggi karbohidrat untuk anak Anda, seperti buah-buahan kering, kismis, dan granola. Sebanyak 250 gram dari salah satu bahan tersebut mengandung 240 kkal dan cocok juga menjadi tambahan isian yogurt, puding, dan sereal. Anda bisa menambah asupan karbohidrat harian anak dengan menambah madu atau sari buah di buah-buahan segar.

4. Kalori dari Minuman
Jika anak tidak hobi makan, Anda mungkin bisa membantunya untuk menambah berat badan dengan asupan kalori yang terkandung dalam beberapa minuman. Susu segar, jus buah segar, yogurt, atau smoothies yang mengandung yoghurt umumnya memiliki lebih dari 100 kkal per porsinya (8 ons/250 ml). Jenis minuman-minuman ini juga kaya akan vitamin dan mineral, karena produk minuman olahan susu mengandung protein hingga 8 gram per porsinya. Anda bisa membeli susu formula khusus tumbuh kembang anak rasa vanilla atau cokelat yang tersedia di supermarket atau apotek.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =

%d bloggers like this: