Beberapa Persiapan Masa Menyusui

Loading...

Menyusui merupakan kegiatan wajib yang dilakukan wanita setelah melahirkan. Tapi, tidak jarang sebagian ibu kesulitan untuk memulai proses tersebut. Memang, ada beberapa persiapan masa menyusui yang bisa Anda pelajari dan lakukan sejak mengandung agar membantu memperlancar proses menyusui. Dengan belajar, Anda pun akan mengantisipasi adanya keluhan atau sakit saat menyusui yang mungkin timbul karena mungkin salah posisi dan sebagainya.

Selama mengandung, sebenarnya tubuh sudah melakukan persiapan secara alami untuk ibu menyusui. Suplai darah ke payudara pun akan lebih tinggi pada wanita hamil, seiring dengan semakin berkembangnya saluran air susu.

Secara umum, tubuh akan siap dengan sendirinya untuk menyusui dengan ditandai saat puting terasa lebih sensitif ketika tersentuh atau perubahan ukuran payudara yang lebih besar dari sebelumnya. Bukan hanya itu, terlihat warna aerola di sekitar puting yang semakin gelap dan perubahan bentuk puting.

Walaupun alami, tapi proses menyusui juga seringkali tidak terlalu mudah untuk sebagian wanita. apabila Anda termasuk, maka Anda bisa simak beberapa persiapan masa menyusui yang bisa membantu Anda dalam melancarkan aktivitas tersebut.

1. Memperbanyak Ilmu Laktasi
Wanita hamil yang siap untuk menyusui bisa mendapatkan informasi dari beragam sumber seperti dari ibu menyusui langsung, buku, internet, dan sebagainya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memperoleh informasi diklinik laktasi atau konsultan laktasi dirumah sakit tertentu. Kemudian, selalu konsultasikan informasi yang Anda terima atau peroleh ilmu dari dokter kandungan yang menangani Anda atau dokter anak yang Anda pilih.

2. Menjaga Kebersihan Puting
Ingat, jangan sampai menggosok puting terlalu keras karena hal itu akan melukai puting dan menyakitkan ketika proses menyusui tiba. Puting susu dipercaya akan lebih kuat serta padat jika dibersihkan dengan menggunakan handuk. Namun ternyata pendapat ini salah, karena justru sebaliknya, puting harus terasa lembut dan nyaman untuk diisap bayi.

3. Melakukan Teknik Relaksasi
Teknik relaksasi bisa juga dilakukan dengan mengatur pernapasan karena bermanfaat bagi wanita hamil untuk proses menyusui. Biasanya pada masa-masa menyusui, Anda perlu memiliki ketenangan ekstra untuk menenangkan bayi yang kelaparan dan menuntunnya untuk mendapat ASI.

4. Memperhatikan Asupan Nutrisi
Nutrisi ketika kehamilan memang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan saat hamil akan mempengaruhi anak mengalami diabetes, obesitas, dan sakit jantung di masa mendatang. Nutrisi yang diperlukan saat wanita sedang mengandung ialah asam folat sebesar 400 mikrogram per hari.

Bukan hanya itu, Anda pun perlu memperhatikan asupan protein mencapai total 70 gram protein per hari, serta kandungan zat besi lebih banyak 50 % dari kebutuhan pada umumnya. Kemudianm juga diperlukan asupan kalsium dan DHA cukup saat hamil demi memenuhi kebutuhan janin.

5. Membeli Perlengkapan Menyusui
Walaupun hal ini tidak wajib, tapi beberapa perlengkapan menyusui bisa mempermudah proses ini. Misalnya, bra khusus menyusui ialah salah satu hal yang dapat dibeli sejak bulan-bulan terakhir mengandung. Umumnya bra ini berukuran lebih besar sehingga bisa mendukung payudara yang dipenuhi ASI. Selain bra, Anda juga bisa membeli baju dengan kancing depan supaya proses menyusui lebih mudah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =

%d bloggers like this: