Tips Perawatan Bekas Operasi Caesar

Loading...

Ketika melakukan operasi caesar, mungkin Anda tidak merasakan sakit atau nyeri apapun karena pengaruh obat bius yang disuntikkan pada Anda sebelum proses operasi berlangsung. Tapi, setelah selesai operasi, pengaruh obat bius pun lama-kelamaan menghilang dan Anda merasakan sakit yang membuat tidak nyaman, bahkan untuk waktu lama. Maka dari itu, kali ini kami memberitahukan tips perawatan bekas operasi caesar agar kondisi Anda cepat pulih kembali.

Memang pada padasarnya persalinan normal lebih baik daripada caesar, namun ada beberapa kondisi yang memang mengharuskan seorang ibu hamil melakukan persalinan caesar. Salah satunya ialah posisi janin sungsang, yakni kepala berada di atas sedangkan kaki berada di bawah atau mulut rahim. Jika janin berada diposisi ini saat Anda ingin bersalin, maka jalan satu-satunya ialah dengan operasi caesar.

Bukan hanya menimbulkan rasa sakit, operasi caesar juga membawa bekas luka pada perut Anda. Ya, di saat operasi caesar, perut Anda akan disayat dengan alat khusus lalu setelahnya ditutup kembali. Proses penyembuhan setelah melakukan operasi ini sangat lama dibandingkan persalinan normal. Waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar yaitu sekitar tiga minggu hingga 4 minggu, atau bahkan bisa lebih.

Yang perlu Anda pikirankan yakni bagaimana cara yang baik dan benar saat merawat luka bekas operasi ini, karena kalau tidak, hal ini bisa mengakibatkan infeksi yag bisa memperpanjang masa penyembuhan.

Tips Perawatan Bekas Operasi Caesar

1. Jaga Kebersihan pada Luka Bekas Operasi
Luka bekas operasi caesar sebenarnya tidak berbeda dengan luka bekas operasi lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga luka ini dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Menjaga kebersihan pada luka bekas operasi yaitu dengan menggunakan cairan antiseptik dan antibiotik yang dianjurkan oleh dokter setelah selesai mandi. Saat membersihkan, Anda bisa menggunakan cotton bud atau kapas, namun sebelumnya yakinkan juga kedua tangan tetap bersih.

2. Lakukan Kegiatan Olahraga Ringan
Olahraga ringan misalnya jalan-jalan santai bisa membantu dalam proses penyembuhan. Olahraga ringan juga bisa mencegah konstipasi dan penggumpalan darah. Bukan hanya itu, dengan berolahraga, sirkulasi darah pun semakin lancar dan sistem imun menjadi meningkat sehingga mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan umum yang diakibatkan operasi caesar.

3. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman
Karena setelah operasi selesai, perut Anda akan dibalut dengan perban agar luka bekas operasi caesar tidak iritasi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih pakaian yang longgar dan nyaman untuk pakaian dalam, kaos, piyama, celana tau rok. Pakaian jenis baby doll dan daster ialah pakaian longgar yang sangat disarankan.

4. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat
Selain melakukan perawatan dari luar, Anda juga bisa memperhatikan perawatan luka bekas operasi dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak gizi dan nutrisi yang seimbang. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin C, dan gandum utuh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + fifteen =

%d bloggers like this: