Makanan Untuk Mengingkatkan Kesuburan Rahim

Loading...

Setelah menikah, ada wanita yang cepat hamil pada usia pernikahan baru beberapa bulan berjalan. Ada pula wanita yang telah bertahun-tahun menikah dan merencanakan kehamilan dengan matang, namun sayangnya tidak kunjung berbadan dua. Jika Anda termasuk ke dalam kategori wanita yang sulit hamil, coba ganti asupan Anda dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan kesuburan rahim.

Setelah Anda mengetahui makanan apa saja yang berguna untuk meningkatkan kesuburan rahim, secara otomatis Anda akan mengetahui jenis makanan yang mempengaruhi kesuburan wanita sehingga akan mengurangi resiko lama hamil.

Sebenarnya para ahli masih membicarakan kaitan antar makanan dan kehamilan karena saat ini ada banyak wanita yang bisa hamil meskipun tidak mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Namun untuk beberapa wanita yang sulit hamil, mungkin mereka membutuhkan asupan gizi yang lebih baik untuk menyuburkan rahim. Hal ini juga sejalan dengan pemikiran para ahli yang setuju terhadap hal ini. Para ahli mengungkapkan apa yang Anda makan turut mempengaruhi tubuh Anda.

Berikut ini jenis makanan yang mungkin dapat membantu menyuburkan rahim:

1. Tumbuh-tumbuhan berprotein
Apabila Anda seorang vegetarian atau ingin mencari alternatif makanan protein nabati lainnya, Anda dapat mengonsumsi kedelai (tahu atau tempe), kacang tanah atau kacang polong. Selain lebih murah, makanan tersebut juga lebih rendah lemak dan kalori daripada daging sehingga bobot tubuh dapat tetap terjaga.

2. Daging
Anda juga bisa mengonsumsi daging sapi dan ayam rendah lemak. Bukan hanya mengandung banyak protein, daging juga termasuk makanan yang kaya zat besi. Namun disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari tiga porsi setiap hari. Bahkan menurut penelitian, memakan protein hewani yang berlebihan justru dapat menurunkan kesuburan.

3. Ikan
Zat yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja reproduksi wanita ialah asam lemak omega-3. Zat ini dapat ditemukan pada ikan seperti sarden, salmon, dan ikan lele. Tetapi ada kekhawatiran bila ikan bisa terkontaminasi oleh merkuri yang berbahaya bagi rahim. Anda tidak perlu risau karena jenis ikan yang mempunyai kadar merkuri sangat sedikit.

Untuk amannya, Anda disarankan untuk tidak memakan ikan lebih dari 12 ons dalam seminggu. Apabila Anda masih khawatir atau bahkan tidak suka ikan, Anda bisa memanfaatkan manfaat omega-3 dari kenari, almond, dan telur.

4. Karbohidrat kompeks
Mungkin selama ini, Anda hanya mengonsumsi karbohidrat yang berasal dari produk padi-padian yang sudah disuling seperti nasi putih dan roti tawar putih. Coba sekarang Anda ganti dengan produk yang terbuat karbohidrat kompleks atau biji-bijian utuh seperti nasi merah atau roti tawar gandum yang kaya akan vitamin B, antioksidan dan zat besi.

5. Produk susu
Selain berguna untuk kesehatan tulang, produk olahan susu seperti susu cair, keju, yogurt, juga bagus untuk kesuburan rahim Anda. namun pilihlah produk rendah lemak atau bebas lemak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

%d bloggers like this: