Pro & Kontra Susu Kental Manis Untuk Anak

Loading...

Tak perlu diragukan lagi jika susu mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kalsiumnya berguna untuk pertumbuhan dan menguatkan tulang dan protein di dalamnya mampu membantu metabolisme tubuh menjadi lebih kuat. Namun sayangnya, tidak semua susu baik untuk dikonsumsi.

Contohnya susu kental manis yang memiliki kandungan gula tinggi sebesar 40 hingga 50 persen sehingga tidak bagus diminum oleh anak. Tapi ada pula yang mengatakan jika susu kental manis boleh diminum asal sesuai dengan takarannya. Mari simak pro & kontra susu kental manis untuk anak di bawah ini.

Seperti yang telah diketahui, sejak lahir sampai usia 6 bulan, bayi hanya disarankan untuk meminum ASI secara eksklusif tanpa diberikan makanan apapun. Di masa 6 bulan ini, nutrisi pertama yang harus diberikan ialah ASI sebagai superfood sekaligus imunisasi untuk mencegah bayi dari segala penyakit. ASI juga diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Kandungan Susu
Berbicara mengenai susu, saat ini tersedia banyak sekali produk susu dengan berbagai jenis. Jika Anda perhatikan, diantaranya ada susu bubuk, susu UHT atau pasteurisasi, low fat, skim, dan sebagainya. Selain itu, akhir-akhir ini muncul pendapat pro dan kontra mengenai SKM atau susu kental manis.
Belakangan ini, produk SKM dipromosikan melalui berbagai media dengan anak kecil yang menjadi bintang iklannya. Iklan tersebut menyatakan bahwa SKM ialah susu bergizi untuk diminum oleh anak. Namun apakah benar seperti itu?

Pada dasarnya, susu menjadi sumber protein hewani dan mengandung beberapa mikronutrien, seperti vitamin B, kalsium, seng, dan vitamin K yang berperan penting dalam pertumbuhan. Ada pula vitamin B12 yang berguna dalam metabolisme tubuh dan menghasilkan energi. Susu dianggap menjadi sumber lengkap kandungan mikronutrien dan makronutrien.

Tapi menurut dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi,Sp.GK., selaku ahli gizi dari RS Pelni Jakarta, terdapat pada susu kental manis hanya terdapat 1 gram protesin atau setara 0,3% dari total kalori. Parahnya, SKM juga mengandung karbohidrat hingga 70% dengan gula sebesar 19 gram, sehingga bisa dikatakan jika SKM ialah susu sumbr protein.

Waspada Dampak Minum SKM Terlalu Banyak
SKM mengandung kandungan gula lebih tinggi dibandingkan susu jenis lainnya. Sebagian besar kandungannya ini terdiri dari lemak dan gula. Dengan demikian, alih-alih menyehatkan, SKM justru akan memenuhi tubuh dengan gula yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit.

Salah satu resiko kesehatan yang bisa timbul karena rajin setelah meminum SKM ialah obesitas yang akan mengantarkan tubuh terhadap penyakit diabetes, stroke, hingga jantung. Oleh karena itulah, SKM tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara terus-terusan supaya anak tidak mengalami kegemukan dan berbagai penyakit komplikasi lainnya.

Lantas, apa kegunaan SKM sebenarnya? SKM lebih cocok untuk digunakan sebagai bahan baku makanan. Biasanya susu kental manis ini ditambahkan dalam sajian es buah, jus, atau topping untuk menambah kelezetan pada makanan dan minuman, bukan untuk diminum sebagai minuman layaknya susu oleh anak-anak.

Setelah menyimak dari pembahasan di atas, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memperhatikan asupan gizi anak sejak dini. Pastikanlah makanan dan minuman yang diberikan ialah menu bergizi seimbang. Jika kecukupan gizi telah terpenuhi dari beragam sumber pangan, sebenarnya anak tidak perlu meminum susu. Apalagi meminum susu kental manis yang banyak mengandung gula dan lemak, sehingga beresiko memicu penyakit degeneratif serius.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =

%d bloggers like this: