Perawatan Tradisional Pasca Melahirkan

Loading...

Perawatan tradisional pasca melahirnya umumnya dilakukan guna mengembalikan kondisi fisik dan juga kesehatan wanita. Hal ini memang harus diterapkan mengingat kondisi wanita selama masa kehamilan dan melahirkan, pastinya akan berbeda dengan kondisi sebelum khemailan, baik secara fisik dan aspek kesehatannya. (Baca juga: Perawatan Bayi Ikterus yang Baik & Benar)

Seorang wanita yang baru saja melewati proses menegangkan dan mengharukan dari persalinan akan kehilangan beberapa hal dari tubuhnya selama masa mengandung dan juga melahirkan. Oleh karena itu, untuk mengganti hal-hal yang hilang ini, berikut beberapa perawatan tradisional yang dapat dilakukan:

1. Mengonsumsi Paket Jamu Bersalin
Langkah awal dalam hal merawat tubuh pasca persalinan ialah dengan mengonsumsi paket jamu bersalin yang saat ini sangat mudah ditemukan dipasaran, termasuk diapotik. Paket jamu bersalin ini mempunyai beberapa khasiat yaitu:
– Membantu memperlancar ASI
– Membantu mengencangkan ukuran rahim
– Membantu mengencangkan otot-otot kendur
– Mengembalikan stamina yang hilang
– Membantu menyembuhkan luka jahitan
– Memperlancar keluarnya darah nifas

Jamu bersalin biasanya memang dijual dalam bentuk paket. Tapi ingatlah untuk selalu baca kontra dan indikasi sebelum mengonsumsinya atau bisa juga mengonsultasikan diri ke dokter kandungan apakah jamu tersebut aman untuk dikonsumsi.

2. Mengonsumsi Jamu Beras Kencur
Jamu dari beras dan kencur juga menjadi perawatan mujarab yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan stamina pasca melahirkan. Jamu beras kencur sudah dikenal sebagai salah satu jenis jamu yang mempunyai segudang khasiat, diantaranya:
– Memperbaiki staminan tubuh
– Memberikan kesegaran dan kebugaran pada badan
– Membantu diet secara alami dan aman
– Mengurangi rasa pegal ditubuh
– Membantu diet secara alami dan aman
– Memperlancar ASI

3. Melakukan Terapi Pijat
Secara tradisional, pijat menjadi salah satu pengobatan andalan bahkan hingga saat ini, tradisi pijat pasca melahirkan masih dilakukan oleh beberapa wanita. Pemijatan dapat dilakukan pada ibu yang baru melahirkan untuk meredakan rasa pegal di tubuh dan juga memberikan efek yang rileks pada otot dan aliran darah. Namun sebaiknya, pemijatan ini dilakukan oleh ahlinya karena biasanya mereka tahu daerah mana yang akan dipijat dan sekuat apa tenaga untuk memijat pada wanita yang baru melahirkan.

4. Menggunakan Stagen
Stagen merupakan alat seperti selendang yang umumnya digunakan untuk membalut perut. Tujuannya ialah untuk mengembalikan ukuran perut ibu pasca melahirkan secara semula. Tetapi stagen ini sebaiknya tidak dipakai untuk ibu yang melahirkan dengan proses caesar karena dapat mempengaruhi bekas jahitan diperut. Selain itu, jika stagen tidak memberi kenyamanan, maka kendurkan saja. Hal ini dilakukan untuk mencegah sesak nafas.

5. Mengonsumsi Ramuan Jahe dan Kayu Manis
Jahe dan kayu manis merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang baru saja melahirkan. Manfaat dari jahe dan kayu manis ini untuk membantu mengembalikan stamina dan juga menambah sistem imun agar tubuh bisa mendapatkan kembali kebugarannya. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membuat ramuan dari campuran beras, jahe, kayu manis, asam jawa, pulo sari, dan juga bengle.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 15 =

%d bloggers like this: