Pilihan Makanan Finger Food Untuk Bayi

Loading...

Semakin bertambahnya usia, bayi akan mengembangkan keterampilan motorik mereka sehingga mulai bisa menjangkau sesuatu dengan tangannya, misalnya makanan. Apabila Anda sudah melihat si kecil meraih sendok saat Anda menyuapinya atau bahkan meraih makanan yang terdapat dipiring, maka Anda perlu menyiapkan finger food untuknya. Namun jika Anda bingung ingin memberikan apa, maka beberapa pilihan makanan finger food untuk bayi pada post kali ini bisa Anda jadikan referensi berguna.

Dengan mengetahui berbagai makanan yang diperbolehkan untuk menjadi makanan finger food untuk anak kesayangan, secara otomatis akan melindungi bayi Anda dari alergi makanan. Terlebih lagi, bayi akan terus membutuhkan asupan lain selain ASI maupun susu formula ketika usianya beranjak 6 bulan ke atas.

Apa itu Finger Food?
Sekitar bayi berusia 8 bulanan, biasanya ia mulai siap makan dengan tangannya sendiri. Dengan memberikan berbagai finger food, Anda sudah melatihnya untuk dapat makan tanpa disuapi, serta menunjang perkembangannya dalam hal motorik halus, mengunyah atau menggigit makanan. Dalam mendukung keterampilan si kecil untuk makan sendiri, Anda bisa memberikan finger food.

Tahukah Anda istilah ini sebenarnya tidak asing lagi ditelinga ibu-ibu rumah tangga. Tapi ada kalanya sebagian wanita belum mengenal isilah finger food. Oleh karena mari simak pengertian finger food di bawah ini agar Anda lebih memahaminya.

Finger food merupakan makanan yang mudah dikonsumsi oleh bayi yang mudah dihaluskan saat digigit atau dikunyah oleh mulut dan tangannya sendiri. Momen ini bisa menjadi moment yang menyenangkan baginya karena bisa merasakan sensasi terpuaskan karena mampu makan sendiri. Meskipun demikian, Anda harus tetap memperhatikan jenis makanan yang akan Anda pilih untuk menjadi finger food-nya. Ada baiknya makanan ini perlu disesuaikan dengan usia si kecil dan juga perhatikan pula kandungan nutrisi dan gizinya.

Pilihan Makanan Finger Food Untuk Bayi
Berikut ini beberapa jenis asupan yang dapat Anda jadikan finger food untuk bayi:
Buah. Anda bisa mengiris alpukat, mangga, pisang, semangka, atau pir. Pastikan buah yang Anda pilih benar-benar matang.

Sayuran. Anda bisa memberikan sayuran rebus seperti wortel, kentang, kembang kol, ubi manis, dan brokoli.

Pasta. Anak juga bisa diberi pasta yang sudah direbus sampai matang. Jenis pasta yang dapat Anda berikan ialah fusili atau pasta yang sudah dipotong-potong kecil.

Telur. Ketika memberikan telur pada bayi, pastikan Anda memasaknya dengan matang supaya bayi tidak terkontaminasi bakteri salmonella.

Sereal. Anda bisa memberikannya sereal yang mudah dipegang olehnya. Namun pilihlah yang rendah gula dan tanpa tambahan zat pewarna.

Keju. Anda bisa memilih keju yang empuk, contohnya keju lembaran yang dipotong kecil-kecil/

Roti panggang. Potonglah roti seperti jari supaya bisa Anda jadikan menu finger food saat usia bayi semakin besar.

Daging. Terakhir, Anda bisa memberikannya daging ayam atau daging sapi yang direbus dengan sangat empuk dan lembut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 2 =

%d bloggers like this: