Amankah Melahirkan Normal Bagi Penderita Mata Minus?

Loading...

Seringkali banyak ibu hamil yang melontarkan pertanyaan tentang amankah melahirkan normal bagi penderita mata minus? Persoalan ini memang menjadi pro dan kontra dikalangan medis. Wanita hamil yang memiliki mata minus memang sangat rentan melahirkan secara normal karena mengalami perubahan hormon dibagian tubuh, khususnya dibagian mata. Namun apa bahayanya persalinan normal dengan mata minus tersebut? Mari kita kupas lebih dalam di bawah ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap wanita ingin melahirkan anaknya secara normal karena ingin merasakan bagaimana emosional saat menjadi ibu yang sesungguhnya. Namun bagi Anda yang memiliki mata minus, nantinya akan disarankan oleh dokter untuk melakukan persalinan secara caesar. Kenapa bisa seperti itu?

Ketika kehamilan bisa terjadi, berbagai macam hormon sedang mengalami perubahan demi perubahan yang memberi efek pada seluruh tubuh wanita, termasuk bagian mata juga. Menurut dr. Referano Agustiawan, SpM yang mengatakan jika gangguan mata yang biasanya terjadi saat hamil terdapat 2 macam yakni ablasio retina regmatogen dan ablasio retina eksudatif.

Bisakah Melahirkan Secara Normal?
Bagi ibu hamil yang memiliki mata minus sering bertanya apakah dia bisa melahirkan secara normal? Jawabannya ialah bisa saja, namun tingkat minusnya tidak lebih dari 5 atau 6 dioptri. Minus di atas 5 atau 6 dioptri sangat rentan dan bisa mengalami masalah yang tidak di inginkan jika melahirkan secara normal.

Hubungan Mata Minus dengan Resiko Melahirkan Normal
Mungkin ada yang belum mengerti, apa hubungannya antara mata minus dan persalinan normal dan bagaimana hubungannya bisa sampai menimbulkan resiko buru. Jika kita menggunakan logika, maka saat melahirkan normal, Anda akan siap untuk mengejan. Otot-otot di daerah panggul akan bekerja keras, begitu juga dengan otot mata yang menjadi tegang.

Ketika mengejan, otot mata akan terpengaruh ketika proses mengejan tersebut. Apabila Anda memiliki mata minus, maka syaraf mata bisa rusak atau bahkan mata juga bisa rusak sehingga tak bisa melihat lagi. Sedangkan bagi wanita hamil yang memiliki mata minus tinggi dapat beresiko retina robek atau komplikasi lainnya.

Selain retina robek, berikut ini berbagai macam resiko melahirkan secara normal pada ibu hamil:

1. Peradangan Mata
Ibu hamil dengan mata minus yang memutuskan untuk melahirkan normal, terutama dengan mata minus di atas 5 dioptri rentan untuk terkena peradangan mata. Ketika mengejan, ia justru akan terkena peradangan mata yang membuat mata terasa perih, panas, dan berwarna merah.

2. Buta Sementara
Ibu hamil dengan mata minus tinggi akan beresiko buta sementara sebanyak 80 persen jika memaksa ingin melahirkan secara normal. Hal ini bisa terjadi kalau ia juga memiliki gangguan kehamilan dan tekanan darah tinggi.

3. Rusaknya Syaraf Mata
Resiko terberat dari melahirkan normal bagi ibu hamil yang memiliki mata minus ialah rusaknya syaraf mata ibu tersebut. Apabila syaraf mata sudah rusak, maka penglihatan bisa terganggu atau kemampuan untuk melihat tidak ada sama sekali.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =

%d bloggers like this: