5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Anak Demam

Loading...

Setiap orang tua pastinya merasa panik saat anak kesayangannya sedang demam, terlebih lagi untuk orang tua baru yang merasa sangat khawatir dengan kesehatan si kecil. Pertanyaan yang sering timbul pun beragam, mulai dari penyebab demam, apa yang perlu dilakukan dan kapan saat yang tepat untuk pergi ke dokter. Dengan membaca post ini, Anda jadi tahu penyebab anak demam dan 5 hal yang perlu dilakukan saat anak demam sehingga bisa memperkirakan kapan saatnya membawa anak pergi ke dokter.

Selain demam biasa, Anda juga perlu mengetahui semua hal tentang demam tifoid pada anak untuk memastikan jika demam yang dialami bukanlah sesuatu yang berbahaya. Meskipun demikian, sebenarnya Anda tidak perlu merasa panik saat anak mulai meriang atau demam. Dengan mengetahui penyebab, gejala, serta cara mengatasinya, demam pada anak dapat dihadapi dengan lebih tenang dan cerdas.

Penyebab demam pada anak
Telah diketahui sebelumnya, seseorang baru disebut demam saat suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat Celcius atau lebih. Peningkatan suhu tubuh ini terjadi sebagai wujud sistem imun tubuh yang sedang melawan infeksi.

Beberapa penyebab umum terjadinya demam pada anak:
– Sakit gigi
– Flu
– Sakit kepala
– Imunisasi
– Batuk dan pilek

Hal yang perlu dilakukan saat anak demam
Tindakan memeriksa suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer ialah suatu keharusan untuk dilakukan setiap beberapa jam. Ingat, jangan pernah bergantung dengan perasaan rabaan tangan untuk mengukur suhu tubuh si kecil, karena ketepatan angka sangat diperlukan saat kondisi ini.

Menurut penelitian American Academy of Pediatrics, peningkatan suhu tubuh bukanlah satu-satunya hal yang menunjukkan keseriusan suatu penyakit. Tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika anak demam ialah perilaku anak yang mungkin saja sebelum demam dia tampak ceria, aktif, dan banyak makan, maka Anda tidak perlu terburu-buru membawanya ke dokter. Apalagi jika anak baru mengalami demam di bawah 24 jam, dokter akan sulit mengevaluasi jenis penyakit karena waktu relatif singkat.

Saat anak demam, hal-hal yang dapat Anda lakukan ialah:

1. Mengompres dahi anak dengan air hangat
Tindakan ini berguna untuk memberi sinyal pada tubuh si kecil untuk menurunkan suhu. Sebaliknya, hindari untuk mengompres dahi anak dengan air dingin.

2. Mengajak anak berendam atau mandi air hangat
Sama seperti mengompres air hangat pada dahinya, tindakan ini juga berguna untuk menurunkan suhu tubuh dan mencairkan dahak ketika anak terkena pilek atau batuk.

3. Memakaikan baju yang nyaman pada anak
Untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi pada tubuh si kecil, alangkah baiknya jika Anda memakaikan baju tipis yang bersifat breathable atau nyaman. Hindari memakaikan selimut tebal ataupun kaos kaki.

4. Memperbanyak asupan cairan pada anak
Dehidrasi saat demam sangat dilarang, terlebih lagi untuk anak kecil. Maka dari itu, Anda harus rajin memberikan anak air untuk mencukupi kebutuhan cairan. Tidak hanya air mineral saja, Anda juga bisa memberikannya susu, jus buah, atau teh yang disukai anak.

5. Memberi paracetamol pereda demam
Untuk meringankan rasa sakit kepala, pusing dan menurunkan demam yang disertai flu atau batuk, Anda bisa memberikan obat paracetamol pada anak supaya demamnya bisa turun dengan cepat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =

%d bloggers like this: