Apa itu BLW?

Loading...

Mungkin singkatan BLW sudah tidak asing lagi di telinga Anda, apalagi jika sudah memiliki momongan. Bahkan sebagian ibu hamil telah merencanakan untuk menerapkan metode BLW pada buah hatinya nanti, meskipun belum terlalu paham bagaimana cara terbaik untuk mengaplikasikannya kepada anak. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu BLW dan bagaimana cara memulainya.

Anda pasti sudah tahu dengan MPASI kan? MPASI atau makanan pendamping air susu ibu dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak. MPASI bisa diberikan saat usia bayi sekitar 4 atau 6 bulan dan seterusnya. Sementara itu, dengan mengetahui perbedaan manfaat MPASI instan dan buatan sendiri, secara otomatis Anda akan paham soal kualitas bahan makanan beserta kandungan gizi di dalamnya.

Pengertian BLW
Kenapa kita membahas MPASI saat berbicara mengenai BLW? Karena BLW sangat berkaitan erat dengan MPASI. BLW atau Baby-Led Weaning merupakan sebuah pendekatan dengan membiarkan anak menyantap makanan bayi padatnya sendiri, serta memberi kesempatan padanya untuk memegang sendok atau menyuap makanannya seorang diri.

Saat ini, banyak sekali orang tua yang sudah menjalani BLW tanpa mereka sadari. Biasanya terjadi pada anak kedua dan setelahnya karena bayi seringkali senang meniru sang kakak sehingga mereka ingin mencoba mengambil makanan di piring kakaknya dan makan sendiri seperti apa yang dilakukan oleh kakaknya.

Metode BLW ini lebih menekankan supaya bayi bisa makan sendiri apa yang sudah menjadi pilihannya dan mengeksplor lebih banyak hal dari apa yang mereka pilih. Pada intinya, BLW memungkinkan si kecil untuk makan makanan padat untuk pertama kali dengan tangannya sendiri.

Tidak ada puree, bubur, atau makanan halus yang biasanya diberikan melalui acara suap-suapan dengan menggunakan sendok. Melainkan anak akan dibiarkan memilih sendiri makanan yang disajikan dan mengunyah makanan yang ia masukkan ke dalam mulutnya.

Namun, apakah metode BLW tersebut aman dan sehat untuk kesehatan bayi? Para ahli pun menjawab iya. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek jangka panjang dari metode BLW akan dirasakan oleh anak saat ia beranjak besar. Bukan hanya itu, BLW juga mampu mengarahkan anak pada kebiasaan makan sehat sehingga menurunkan resiko obesitas dibandingkan anak lainnya yang tidak diberikan pendekatan metode BLW.

Apa sisi negatif dari BLW?
· Banyak ibu yang setuju bahwa BLW menjadi proses yang sangat berantakan dan akan banyak makanan yang terbuang

· Sebagian bayi mungkin akan kesulitan untuk mengunyah beberapa jenis makanan, terlebih lagi saat dia belum tumbuh gigi. Contohnya daging merah, yang sebenarnya ialah sumber zat besi. Namun ketahuilah, sejak usia 6 bulan, bayi akan mulai membutuhkan zat besi dari asupan makanannya, karena kandungan zat besi dari ASI tidak akan mencukupi

· Banyak wanita yang setuju jika lebih mudah untuk mengetahui berapa banyak makanan yang masuk saat mereka menyuapi si kecil. Oleh karena itu, Anda bisa mengombinasikan pemberian MPASI dengan puree dan memberikan finger foods pada bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

%d bloggers like this: