Hal yang Dapat Dilakukan Suami Selama Istri Hamil

Loading...

Selama masa kehamilan, istri memiliki beban yang lebih berat dari biasanya. Mulai dari menjaga pola makan, pola istirahat, tidak boleh stres, ataupun tidak melakukan pekerjaan berat. Karena itulah, Anda sebagai suami, harusnya mengerti dan memahami sang istri sedang melindungi buah hati Anda semaksimal mungkin. Lantas, apa saja hal yang dapat dilakukan suami selama istri hamil?

Memang tak bisa dipungkiri, suami memiliki peran yang sangat penting selama istri hamil. Bahkan, pentingnya peran suami saat istri melahirkan pun akan menambah kekuatan psikis dan mental wanita secara tak langsung. Suami yang hebat ialah suami yang memahami kondisi dan ingin berbagai beban istri selama hamil.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan suami selama istri hamil:

1. Berikan Istri Asupan Makanan yang Sehat
Makanan sehat ialah asupan gizi yang penting untuk janin yang dikandung. Pada masa kehamilan, sebaiknya Anda memberikan istri asupan makan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan laut yang banyak mengandung zat besi dan protein. Sebaiknya, beri perhatian bagi istri untuk menghindari makanan berlemak karena akan berdampak buruk untuk janin dan dirinya sendiri.

2. Berikan Istri Rasa Tentram
Faktor penting yang harus dilakukan saat istri hamil ialah perasaan tentram, damai, dan nyaman. Jangan sampai istri Anda memikirkan masalah yang rumit dan berat. Jauhkan pula istri dari kegalauan karena perasaan ini akan menjadikan janin yang dikandungnya melemah dan beresiko keguguran.

3. Hindari Istri Dari Pekerjaan Berat
Kemudian, hal penting yang perlu Anda ketahui yakni jangan sampai istri yang sedang hamil melakukan pekerjaan berat. Apalagi jika istri Anda ialah pegawai kantoran, sebisa mungkin Anda harus mengantar jemputnya. Jangan biarkan istri naik angkot atau naik motor sendirian. Begitu pula di rumah, Anda bisa mengambil alih pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, mengepel, dan lainnya.

4. Anjurkan Istri untuk Beristirahat Cukup
Saat istri mengandung, Anda harus sigap untuk menyuruhnya beristirahat yang cukup. Istirahat memang menjadi faktor penting untuk kelangsungan janin yang dikandungnya. Anda bisa mengatur pola tidur istri, minimal 7 jam sehari dan jangan tidur sampai larut malam atau terlalu lama tidur di siang hari.

5. Turuti Keinginan Istri/Mengidam
Meskipun mengidam tidak ada di dunia medis, namun ada kalanya istri Anda meminta sesuatu yang sulit untuk di dapatkan. Meskipun demikian, Anda perlu berusaha untuk mewujudkannya sebab itu bisa jadi bawaan dari janin yang dikandung. Jangan sampai Anda meremehkan permintaan istri karena akan berdampak buruk pada mentalnya dan janin.

6. Ajak Istri Jalan-Jalan Santai
Pada masa kehamilan, seringkali ada beberapa sendi yang tegang. Maka dari itu, ajaklah istri Anda jalan-jalan santai dipagi dan sore hari. Biasakan juga melakukan ini setiap hari.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − ten =

%d bloggers like this: