Tips Agar Aman Berpergian Saat Hamil

Berpergian selama hamil memang membutuhkan kiat-kiat khusus supaya perjalanan tersebut menjadi aman sekaligus menyenangkan. Sejauh tidak ada komplikasi terhadap kandungan, secara umum berpergian bagi wanita hamil di fase awal kehamilan, aman-aman saja. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengetahui tips agar aman berpergian saat hamil yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini untuk memastikan bahwa kandungan Anda baik-baik saja. Baca juga: Bolehkah Bepergian Jauh Saat Hamil?

Untuk menghindari berbagai resiko yang dapat terjadi saat Anda melakukan perjalanan, maka Anda bisa membaca tips agar aman berpergian saat hamil bisa di bawah ini:
1. Lakukan Pemeriksaan Terlebih Dahulu
Langkah awal, Anda perlu melakukan check up ke dokter kandungan sebelum berpergian. Jangan berangkat jika Anda belum menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter. Jika memungkinkan, miliki asuransi perjalanan untuk melindungi buah hati Anda dari berbagai kemungkinan seperti perawatan medis saat melahirkan, biaya perubahan jadwal pulang saat Anda tiba-tiba melahikran di tempat tujuan, dan sebagainya.

2. Utamakan Kenyamanan
Anda perlu mengingat sedang berbadan dua sehingga gunakanlah perlengkapan senyaman mungkin. Contohnya dalam memilih alas kaki, pilihlah sepatu dengan hak rata. Kemudian gunakanlah pakaian yang nyaman, sebisa mungkin cari bahan yang dapat menyerap keringat.

Ketika di perjalanan, usahakan untuk duduk dengan posisi rileks, nyaman dan tidak tegang. Pikirkan hal-hal yang positif dan juga meminta orang yang menyetir untuk berhati-hati.

3. Pemilihan Waktu Berpergian
Apabila tidak ada komplikas kandungan, waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ialah periode 14 minggu dan 28 minggu masa kehamilan. Kemudian, cari tahu fasilitas kesehatan apa saja yang ditawarkan di tempat tujuan, demi berjaga-jaga jika Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendadak.

4. Selalu Bawa Makanan dan Minuman
Calon ibu, janganlah berpergian dengan perut kosong, terlebih lagi jika Anda sedang mengalami morning sickness. Bawalah beberapa camilan untuk mencegah mual, sebab selama hamil, Anda tidak pernah tahu kapan Anda merasa lapar. Namun, pilihlah camilan yang bergizi dan tidak berbahaya untuk janin.

Selain tips utama di atas, berikut hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum berpergian atau melakukan perjalanan jauh saat hamil:
· Ketika ingin berpergian dengan pesawat, Anda perlu membawa surat dari dokter yang berisikan bahwa Anda dibolehkan untuk terbang.

· Jika ingin melakukan perjalanan darat, bawalah bantal kecil untuk diletakkan pada punggung Anda.

· Sebisa mungkin hindari mengunjungi objek wisata di dataran tinggi, karena semakin tinggi daratan maka semakin sedikit pula kandungan oksigen.

· Perbanyak minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan segar untuk mencegah dehidrasi.

· Banyak berjalan kaki untuk menghindari penyumbatan darah akibat duduk terlalu lama.

· Minta stok dan resep obat dan vitamin yang biasa Anda konsumsi untuk berjaga-jagat saat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =