Bahaya Terlalu Sering Mengalami Keguguran

Loading...

Apabila Anda mengalami keguguran sebanyak dua atau tiga kali berturut-turut, dokter menyebutnya sebagai keguguran berulang atau recurrent miscarriage. Jika Anda mengalami kejadian ini, dokter ataupun bidan akan merekomendasikan ginekolog untuk Anda, yang nantinya berguna untuk mengidentifikasi penyebab keguguran tersebut. Hal ini dilakukan demi menghindari bahaya terlalu sering mengalami keguguran.

Keguguran memang menjadi hal yang sangat dihindari oleh semua wanita hamil. Berbagai pengetahuan tentang keguguran pun telah dipelajari sebelumnya seperti gejala keguguran, makanan atau minuman yang bisa menyebabkan keguguran dan sebagainya.

Penyebab Keguguran Berulang
Namun, bagaimana jika ada seseorang yang mengalami keguguran lebih dari sekali? Bisa saja hal ini disebabkan oleh gangguan dari dalam tubuhnya. Bahkan, perhitungan wanita hamil yang mengalami keguguran berulang bisa sekitar 1 orang dari 100 wanita. Seringkali, pada beberapa wanita, belum diketahui secara pasti kenapa keguguran berulang kali terjadi.

Apabila Anda salah satu yang sering mengalami keguguran berulang, mungkin ada satu pertanyaan yang sering Anda tanyakan, ‘kenapa hal ini terjadi?’. Meskipun tidak ditemukan penyebabnya, ternyata masih ada kesempatan kehamilan yang berhasil di masa depan.

Berikut ini penyebab keguguran berulang ialah kondisi yang tidak umum, seperti:
· Kelainan pembekuan darah yang menurun atau thermobophilia
· Sindrom antiphospholipid
· Masalah genetik
· Masalah pada rahim atau panggul
· Masalah pada hormon

Bahaya Terlalu Sering Mengalami Keguguran
Berikut beberapa bahaya yang dapat terjadi jika seorang wanita hamil mengalami keguguran berulang kali dan tidak melakukan kuret:

1. Masalah Kesehatan Rahim
Keguguran bisa menyebabkan masalah atau gangguan pada rahim, karena bekas keguguran yang tidak terlalu bersih. Bahkan, jika Anda tidak melakukan kuret setelah keguguran, maka akan timbul penyakit tertentu yang dapat muncul di rahim dan kondisi rahim tersebut akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda seumur hidup.

2. Tekanan Mental
Tak bisa dipungkiri, keguguran berulang akan menyebabkan tekanan yang besar untuk menghadapi kehamilan berikutnya. Selalu ada perasaan takut dan khawatir karena pernah terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan dalam rahim.

3. Pendarahan
Pendarahan yang berlebihan sering terjadi pada keguguran tanpa kuret. Bahkan pendarahan ini dapat terjadi mulai dari tujuh sampai 30 hari. Seringkali pendarahan ini akan menyebabkan rasa sakit yang teramat parah dan pastinya sangat mengganggu untuk kesehatan Anda.

4. Kanker Rahim
Keguguran berulang selalu beresiko pada kanker rahim. Hal ini dikarenakan jaringan yang tidak terlalu bersih di dalam rahim sehingga tumbuh menjadi jaringan abnormal. Proses kuret pun akan mencegah bahaya kanker rahim dapat terjadi di kemudian hari.

5. Kista
Selain bahaya di atas, keguguran juga dapat menyebabkan kista. Hal ini dikarenakan keguguran mengakibatkan jaringan di dalam rahim tidak bersih sehingga kista akan lebih cepat tumbuh setelah keguguran. Parahnya lagi, kista bisa berkembang terus menerus dan berubah menjadi penyakit serius sehingga menghalangi proses kehamilan berikutnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 14 =

%d bloggers like this: