Peran Suami Pasca Melahirkan

Loading...

Kehadiran anak ditengah keluarga pastinya mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Namun terkadang, seorang wanita justru mengalami depresi setelah melahirkan. Kondisi depresi semacam ini ternyata dialami oleh wanita di seluruh dunia dengan beragam jenis seperti marah, cemas, menangis tanpa sebab, sering mengeluh, dan sebagainya. Di sini, peran suami pasca melahirkan sangat diperlukan oleh pasangannya.

Gejala depresi setelah bersalin sering disebut dengan baby blues. Tetapi jika berlangsung selama dua minggu lebih, maka gejala tersebut bisa menjadi depresi serius seperti perubahan pola makan dan tidur, perasaan khawatir yang berlebihan, bahkan parahnya lagi, timbul keinginan bunuh diri. Karena itulah, pentingnya peran suami saat istri melahirkan hingga istri selesai melahirkan agar ia bisa melewati masa baby blues dengan aman dan nyaman.

Peran Suami Pasca Melahirkan
Kondisi baby blues bukan berarti seorang wanita tidak mencintai anaknya, tetapi ada hal di luar kemampuan dirinya seperti tekanan dari pihak luar, perubahan hormon, kurang bantuan, kelelahan, merasa terisolasi, dan mungkin saja adanya sejarah depresi dalam keluarga. Sebenarnya, hal tersebut bisa dicegah ataupun bisa ditangani dengan segera, asalkan lingkungannya bisa memahami yang terjadi, dan yang paling penting dukungan dari pasangannya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh suami untuk membantu istri ketika mengalami baby blues:
· Ambil alih pekerjaan istri dalam mengurus rumah dan anak. Apalagi kesempatan ini bisa lebih baik jika bayi memiliki kakak dan baby sitter atau kebetulan Anda mempunyai pembantu rumah tangga.

· Dampingi istri dan pahamilah perubahan-perubahan yang dialaminya.

· Saling jujur dan berbagi perasaan masing-masing.

· Jangan bersikap acuh dan bicara jika depresi akan hilang dengan sendirinya. Dukungan secara spirit bisa mempercepat pemulihan depresi. Sebaiknya sikapi depresi istri dengan serius.

· Beri perhatian lebih seperti membiarkan istri tidur, memasakkan makanan kesukaannya, memandikan bayi, dan sebagainya. Dengan menunjukkan dukungan nyata, istri Anda bisa lebih rileks dan nyaman, dibandingkan kata-kata penghibur.

Selain poin-poin di atas, sebagai suami yang baik, Anda bisa memberikan kejutan manis untuk istri. Sebuah tindakan nyata seperti pelukan, ciuman tulus, dan hadiah-hadiah kecil bisa Anda berikan kepada istri di saat-saat tertentu. Percayalah, hal ini sangat berarti bagi istri Anda. Bentuk perhatian lainnya bisa berupa pakaian idaman, makanan favorit, ataupun pijatan lembut adalah tanda cinta yang selalu dinantikan para istri setiap saat.

Hal ini dikarenakan ada sebagian wanita yang cemburu atas kehadiran bayinya sendiri. Rasa terabaikan yang bersembunyi di hati mereka memang tidak bisa diketahui oleh para suami. Perasaan cemburu ini biasanya muncul ketika para tamu, kolega, dan keluarga berkunjung, tapi suami lebih perhatian kepada bayi baru mereka. Apabila suami tidak menyadari, maka istri bisa mengalami tekanan berat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 16 =

%d bloggers like this: