Tips Memilih Klinik Bersalin yang Tepat

Loading...

Melewati masa kehamilan memang menjadi tantangan baru bagi wanita. Pasalnya, Anda harus benar-benar menjalankan program hamil selama 9 bulan, apalagi untuk kehamilan pertama. Setelah itu, Anda juga perlu menyiapkan segala keperluan pra dan pasca persalinan, salah satunya adalah memilih klinik bersalin yang cocok sesuai dengan budget, kenyamanan, dan lain hal. Untuk itu, mari simak beberapa tips memilih klinik bersalin yang tepat pada artikel kali ini.

Sebelum memilih klinik bersalin yang tepat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan perlengkapan yang harus disiapkan sebelum persalinan. Jika dirasa sudah siap semua, maka langkah selanjutnya adalah memilih klinik bersalin yang tepat. Tempat melahirkan yang tepat akan membantu proses bersalin Anda berjalan dengan lancar dan aman, serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan memilih klinik bersalin sejak dini, maka Anda akan dengan mudah untuk mempersiapkan perlengkapan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan kira-kira berapa budget yang perlu dipersiapkan dengan cara bertanya-tanya kepada orang yang sudah melahirkan di klinik bersalin tersebut. Langsung saja, berikut ini tips memilih klinik bersalin yang tepat bagi Anda yang hendak melahirkan anak pertama.

1. Persiapan Anggaran Sesuai dengan Klinik Bersalin
Satu hal yang penting yaitu menyesuaikan anggaran dari biaya tempat proses persalinan Anda nantinya. Tapi, jika Anda sudah memiliki asuransi yang sudah disiapkan dari awal maka Anda tak perlu khawatir karena biasanya asuransi akan memberikan tempat bersalin berkelas sesuai dengan asuransi yang Anda gunakan.

2. Jarak Menuju Klinik Bersalin
Tips kedua yaitu pilihlah klinik bersalin dari jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah. Hal ini untuk menghindari kejadian melahirkan tiba-tiba sebab dokter atau bidan hanya bisa memperkirakan untuk persalinan normal 9 bulan 10 hari namun tidak untuk jam pastinya.

3. Fasilitas yang Memadai
Setelah itu, pilihlah klinik bersalin yang memiliki fasilitas memadai untuk proses persalinan, baik bersalin normal atau operasi caesar. Sebagai saran, sebaiknya pilihlah tempat melahirkan yang akan menaruh bayi dalam satu ruangan dengan Anda. Hal ini bisa membuat Anda bisa lebih mengontrol bayi Anda sendiri dan memberikan ASI eksklusif.

4. Kenyamanan Klinik Bersalin
Keadaan klinik yang nyaman, seperti kebersihan dari tempat persalinan ialah hal utama untuk wanita hamil. Jadi, jika Anda ingin lebih nyaman, sebaiknya pilihlah tempat bersalin yang tak terlalu ramai, berisik, dan kebersihan terjaga.

5. Reputasi Baik
Dari sekian banyak klinik bersalin, sebaiknya Anda memilih tempat yang sudah memiliki reputasi baik. Caranya yaitu Anda dapat bertanya-tanya kepada orang yang sudah melahirkan di tempat tersebut. Hal ini untuk menghindari kasus dugaan malpraktik oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

%d bloggers like this: