Apa itu Kontrasepsi Implant?

Loading...

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika setiap pasangan yang ingin mencegah terjadinya kehamilan dapat menggunakan alat-alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi ini digunakan untuk usaha pencegahan bertemunya sel sperma dan sel telur supaya tidak mengalami pembuahan. Apalagi saat ini, banyak sekali metode kontrasepsi alias alat KB yang tersedia di pasaran, mulai dari yang sementara hingga yang permanen. Salah satunya adalah implant. Lalu, apa itu kontrasepsi implant?

Pengertian Kontrasepsi Implant
Setelah Anda mengenal lebih jauh tentang kontrasepsi vasektomi, kali ini Anda akan mengetahui apa itu kontrasepsi implant dan bagaimana cara kerjanya dalam mencegah kehamilan.

KB susuk, atau dalam dunia kedokteran sebagai kontrasepsi implant, ialah tabung plastik kecil dan fleksibel yang seukuran korek api dan berisi hormon untuk mencegah kehamilan. Tabung inilah yang sering disebut susuk, yang nantinya akan dimasukkan atau di implan ke dalam kulit lengan atas. Dengan pengaplikasian yang benar, dengan hanya sekali pasang KB implan, Anda bisa mencegah kehamilan selama tiga tahun.

Cara Kerja Kontrasepsi Implant
KB implant mempunyai bentuk garis atau tabung tipis sepanjang 40 mm dan lebar 2 mm yang mengandung hormon progestogen dan berbahan plastik. Tabung tipis yang telah dimasukkan ke bawah kulit akan melepaskan hormon progestin dengan kadar rendah demi mencegah kehamilan.

Secara umumnya, cara kerja KB implant mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur dalam siklus bulanan. Apabila seorang wanita tidak berovulasi, maka ia tidak dapat hamil karena tidak ada sel telur untuk di buahi.
Hormon progestin yang dilepaskan oleh kontrasepsi implan akan menebalkan lendir di sekitar leher rahim. Hal ini akan mencegah sperma untuk memasuki rahim. Progestin juga akan menipiskan lapisan dinding rahim, sehingga kalau ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, sel telur ini akan sulit menempel pada dinding rahim untuk memulai kehamilan.

Keamanan Kontrasepsi Implant
Mungkin saat ini Anda bingung dan bertanya-tanya apakah kontrasepsi implan benar-benar cara yang aman dan praktis untuk mencegah kehamilan. Untuk mengatahui apakah KB implant ini aman atau tidaknya, maka Anda perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari metode ini.

Keuntungan yang Anda dapatkan setelah menggunakan KB implant lebih dipandang dalam sisi efektifitas, kemudahan, penampilan, dan harganya yang tergolong murah. Sedangkan kekurangan dari jenis kontrasepsi ini adalah nyeri, bengkak, rasa perih pada kulit di sekitar implan, dan kemungkinan pendarahan dari vagina.

Walaupun memberikan kemudahan karena tak perlu lagi menggunakan alat pengaman saat berhubungan, namun sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan KB implant ini. Seperti orang-orang yang mengidap penyakit diabetes, gangguan hati, sirosis, migrain, dan osteoporosis. Bukan hanya itu, wanita yang pernah mengalami pembekuan darah yang serius atau memiliki riwayat kanker payudara juga tidak disarankan untuk menggunakan kontrasepsi implant ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

%d bloggers like this: