Penyebab Susah Tidur Saat Hamil

Loading...

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh wanita hamil ialah dapat beristirahat dengan baik. Apalagi jika mereka yang masih bekerja keras selagi hamil sehingga tubuh semakin cepat lelah. Berbagai kondisi seperti morning sickness, heartburn, dan sebagainya, bisa membuat wanita hamil semakin resah. Alhasil ia pun susah tidur dan semakin stres setiap harinya. Lantas apa saja penyebab susah tidur saat hamil tersebut?

Dengan mengetahui penyebab susah tidur saat hamil, Anda akan bisa mengatasinya sehingga tidur pun bisa lebih nyaman dan tenang. Berikut ini beberapa penyebab susah tidur saat hamil sepanjang fase mengandung yang perlu Anda ketahui.

1. Sering Merasa Mual
Saat Anda masuk trimester pertama, maka Anda akan mengalami morning sickness yang buruk, sehingga Anda merasa lebih mual terutama saat posisi berbaring. Perut jadi tidak nyaman dan selalu ingin bangun saat tertidur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan padat ringan seperti biskuit atau kerupuk sebelum tidur.

2. Kaki Kram
Kram merupakan masalah yang sering dihadapi menjelang persalinan terutama saat malam hari. Kaki kram tiba-tiba ini memang tanpa gejala apapun dan bisa terjadi pada Anda yang benar-benar sehat sekalipun. Pemicunya ialah pembuluh darah di kaki tidak bekerja dengan baik sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Untuk mengatasinya, Anda bisa meregangkan betis kaki sebelum tidur atau mengompres betis dengan air hangat.

3. Selalu Ingin Buang Air Kecil
Saat hamil, bagian kandung kemih di dalam tubuh akan mendapat tekanan lebih karena pertumbuhan janin. Hal tersebut membuat kandung kemih seolah terasa penuh dan ingin buang air kecil saat malam hari.

4. Stres
Wanita hamil memang sering stres terhadap hal yang sangat umum. Setiap orang bisa mengalami stres dengan berbagai penyebab yang berbeda. Jika Anda stres, maka tubuh tidak bisa mengeluarkan hormon pemicu rasa mengantuk dalam tubuh tidak dapat diproduksi dengan baik. Alhasil, pikiran dan perasaan Anda selalu bekerja walaupun mata sedang terpejam. Untuk mengatasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau pasangan Anda.

5. Sakit Maag
Wanita hamil ternyata bisa mengalami gangguan pencernaan, termasuk maag. Kondisi ini terjadi karena Anda sering mengalami morning sickness atau memang mempunyai riwayat penyakit maag. Penyakit maag akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman sehingga saat tidur pun terasa tidak nyaman.

6. Gangguan Insomnia
Biasanya, wanita hamil bisa terkena insomnia. Gangguan ini dapat menyebabkan Anda sulit tidur dan sulit juga untuk diatasi. Ada banyak penyebab insomnia untuk wanita hamil termasuk kondisi pribadi dan kehamilan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba mandi air hangat sebelum tidur. Gunakanlah beberapa tehnik relaksasi sebelum tidur seperti bersantai, mengobrol dengan pasangan, meditasi, dan olahraga ringan pada siang hari.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 8 =

%d bloggers like this: