Mengenal lebih Jauh Tentang Toksoplasmosis

Loading...

Toksoplasmosis merupakan infeksi pada manusia yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii yang keberadaannya cukup banyak di seluruh dunia. Orang dewasa yang mempunyai imun tubuh yang baik mungkin tidak membutuhkan perawatan medis apapun untuk sembuh dari infeksi toksoplasmosis. Ingin mengenal lebih jauh toksoplasmosis? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Toksoplasmosis sering juga disebut dengan nama parasitnya toksoplasma. Infeksi ini termasuk dalam mitos dan fakta selama kehamilan, dimana jika ibu hamil yang memelihara kucing akan mudah terkena virus yang dapat membahayakan janin. Padahal, masih banyak lagi penyebab lainnya yang menyebabkan seseorang mengidap toksoplasmosis.

Gejala Toksoplasmosis
Sebagian orang yang terjangkit toksoplasmosis, sering kali tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu. Bahkan, penyakit ini umumnya tak mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan resiko toksoplasmosis menjadi gangguan kesehatan serius yakni:
· Mengonsumsi obat steroid atau imunosupresan
· Sedang menjalani kemoterapi
· Sedang hamil
· Mengidap HIV/AIDS

Kemudian, gejala yang dirasakan oleh penderita toksoplasmosis terkadang berbeda-beda dari keadaan dirinya. Hal ini dimaksudkan sebagai berikut:

1. Pada Ibu Hamil
Toksoplasmosis yang menyerang ibu hamil dapat menyebabkan kehamilan mengalami gangguan parah seperti keguguran, hilangnya pendengaran, gangguan penglihatan pada bayi ketika atau beberapa bulan setelah dilahirkan. Ibu hamil juga bisa mengalami kelahiran mati atau toksoplasmosis kongenital.

2. Pada Manusia Sehat
Toksoplasmosis yang menyerang manusia, baik wanita atau pria, dengan kondisi tubuh bugar akan merasakan gejala seperti demam tinggi, kelelahan, nyeri otot, radang tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

3. Pada Penderita Gangguan Sistem Imum
Gejala toksoplasmosis yang akan dirasa yaitu sakit kepala, kurangnya koordinasi tubuh, kejang, kebingungan, kesulitan bernapas, dan gangguan penglihatan.

Penyebab Toksoplasmosis
Seperti yang sudah diterangkan di atas, toksoplasmosis disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii (T.Gondii). Parasit ini bisa menginfeksi mayoritas hewan berbulu seperti burung dan dapat ditemukan pada kotoran kucing atau daging hewan yang terinfeksi.

Parasit Toxoplasma Gondii sendiri hanya mampu berkembang biak pada kucing liar dan peliharaan karena hewan tersebut menjadi inang utama darinya. Lebih menakutkannya lagi, kucing-kucing yang terinfeksi parasit T. Gonddi tidak akan menunjukkan gejala-gejala tertentu.

Parasit tersebut juga mampu bertahan hingga beberapa bulan lamanya hidup di tanah dan air. kemudian, ada beberapa jalan parasit T. Gondii dapat masuk ke tubuh manusia, yakni:
· Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci
· Mengonsumsi daging mentah atau setengah matang
· Memasukkan tangan ke mulut yang terkontaminasi tanah atau kotoran kucing
· Meminum susu kambing mentah yang terinfeksi
· Menggunakan peralatan yang sudah terkontaminasi dengan daging yang terinfeksi T.Gondii, seperti pisau, gunting, atau talenan bekas daging mentah terinfeksi
· Minum air yang terkontaminasi kotoran kucing

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =

%d bloggers like this: