Tips Agar Tidak Mudah Terkena Wasir Saat Hamil

Loading...

Wasir atau ambeien memang kondisi umum terjadi pada ibu hamil meskipun tidak semua ibu hamil akan mengalaminya. Wasir akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan sangat mengganggu selama masa kehamilan. Apalagi jika ibu hamil tersebut sering mengalami sembelit sehingga akhirnya timbul wasir. Namun Anda jangan khawatir, karena kali ini kami akan memberitahukan tips-tips agar tidak mudah terkena wasir saat hamil.

Tips Agar Tidak Mudah Terkena Wasir Saat Hamil

Pada beberapa waktu lalu, kami sudah memberitahu tentang tips hadapi wasir ketika hamil. Namun sebelum terjadi wasir, alangkah baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan sebelum terkena wasir. Awal terjadinya penyakit ini biasanya karena penyakit sembelit yang sudah menahun. Akibatnya, Anda terpaksa mengejan setiap kali buang air besar. Repotnya lagi wasir terjadi ketika Anda hamil.

Faktor Penyebab Timbulnya Wasir Pada Ibu Hamil
Saat berdiri merasa pegal, saat duduk juga rasanya tak nyaman. Itulah yang akan dirasakan jika Anda menderita ambeien. Gejala yang selalu di alami yakni keluar cairan, nyeri, gatal-gatal, sulit BAB atau bahkan pendarahan saat BAB. Lantas kenapa wanita hamil mudah terkena ambeien? Berikut penyebabnya:

1. Sembelit
Sembelit dapat terjadi karena asupan zat besi yang cukup tinggi selama hamil. Tentunya zat besi ini penting untuk ibu hamil supaya terhindar dari resiko anemia. Namun untuk sebagian ibu hamil, hal ini justru mengakibatkan susah BAB hingga akhirnya wasir.

2. Perubahan Hormon dalam Tubuh
Saat hamil, kadar hormon progesteron akan meningkat untuk memperkuat janin di dalam rahim. Di waktu yang sama, hormon ini menghambat gerak peristaltik otot pencernaan yang diperlukan agar makanan dari saluran pencernaan ke saluran pembuangan berjalan lancar.

3. Ukuran Janin yang Semakin Besar
Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin pun akan ikut membesar sehingga tekanan pada rongga perut dan panggul. Beban janin dan bobot ibu hamil menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan sehingga pembuluh darah di sekitar anus pecah menjadi wasir.

Mencegah Timbulnya Wasir
Tak perlu khawatir, ternyata wasir juga bisa dicegah. Memang mungkin kebiasaan baru akan sulit Anda terapkan, namun demi kenyamanan dan kesehatan Anda sendiri, jadi tidak ada salahnya untuk menjalani hidup sehat. Berikut ini beberapa tips agar tidak mudah terkena wasir saat hamil:

· Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Makanan sehat untuk mengatasi sembelit ialah makanan berserat seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran.
· Biasakanlah untuk tidak menahan buang air besar. Oleh sebab itu, buang air besar secara rutin dan teratur, misalnya di setiap pagi hari.
· Jangan duduk terlalu lama.
· Hindari konsumsi makanan yang pedas.
· Jaga kebersihan area sekitar anus untuk menghindari infeksi.
· Jangan minum alkohol.
· Lakukan aktivitas seperti jalan santai, renang atau olahraga ringan yang cocok untuk ibu hamil.
· Hindari mengejan terlalu keras saat BAB.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =

%d bloggers like this: