Obat Herbal Asma Untuk Anak

Loading...

Asma pada anak pasti membuat semua orang tua merasa khawatir. Asma dapat menurunkan aktivitas anak karena saat gejala asma kambuh, anak diharuskan untuk beristirahat dirumah. Bahkan, asma sering menyebabkan anak tidak mampu melakukan aktivitas secara rutin seperti berolahraga. Selain itu, asma membuat anak tidak dapat melakukan hal-hal yang ringan dengan mudah seperti hanya untuk bermain bersama temannya. Dengan beberapa alasan inilah, asma pada anak harus mendapatkan perawatan atau penanganan yang tepat.

Obat Herbal Asma Untuk Anak

Sebagai orang tua, Anda harus sangat waspada jika anak Anda menderita asma. Asma dapat muncul saat anak baru lahir sebagai kondisi bawaan. Namun asma juga dapat muncul sebagai kondisi tertentu saat anak berusia lebih dari 4 tahun. Setelah anak di diagnosis mengidap asma, maka Anda perlu memberikan perhatian lebih.

Berikut ini beberapa gejala asma pada anak:
· Mengi atau muncul bunyi saat bernapas
· Retraksi atau dada bergerak naik turun ketika bernapas
· Batuk yang bersifat menetap/ tidak kunjung sembuh
· Saat beraktivitas, anak tampak kurang bertenaga, mudah lemas, dan sering batuk
· Bronkitis yang berulang kali bisa menjadi pertanda asma pada balita
· Kesulitan bernafas
· Tarikan napas yang pendek dan cepat

Jika anak Anda sudah positif mengidap penyakit asma, maka terdapat banyak cara untuk mengatasinya. Selain menyediakan alat inhaler, ternyata asma juga bisa diobati dengan bahan-bahan herbal yang sering dijumpai sehari-hari. Langkah perawatan herbal ini dapat digunakan untuk pencegahan dan mengendalikan serangan asma yang lebih berat. Berikut ini obat herbal asma untuk anak:

1. Jahe
Jahe bisa mengatasi masalah pernafasan pada asma karena mengandung senyawa gingerol yang dapat menghilangkan semua hambatan pada saluran pernapasan. Cara mengobati asma dengan jahe ialah dengan merebus jahe dalam air sampai mendidih lalu uapnya bisa dihirup oleh anak dan airnya bisa diminum. Jahe juga dapat dicampur susu untuk mengatasi batuk.

2. Madu
Madu sudah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk asma. Pada zaman dulu, para orang tua menggunakan madu karena belum ada obat kimia untuk asma. Cara perawatan yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi madu sebanyak 1 sdm dan dapat dilakukan hingga 3 kali dalam sehari.

3. Bawang Putih
Mengobati asma dengan bawang putih menjadi langkah yang sangat mudah karena di setiap rumah tentu mempunyai bawang putih di dapur. Bawang putih diklaim untuk mengatasi gangguan pernafasan pada tahap awal. Cara yang dapat dilakukan yaitu merebus 2 siung bawang putih yang telah dikupas dan dibersihkan. Jika sudah mendidih, ambil satu gelas dan minum ketika masih hangat.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih dapat diberikan saat anak mengalami asma dengan cara mengoleskannya di bagian dada atau punggung. Minyak kayu putih mengandung sifat dekongestan yang digunakan untuk obat kimia asma sebab bekerja dengan mengontrol pernafasan sehingga lebih lega.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − twelve =

%d bloggers like this: