Penyebab Kanker Payudara

Loading...

Seperti yang telah diketahui, payudara wanita terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus atau kalenjar kecil penghasil air susu. Ketika seorang wanita melahirkan, ASI pun akan disalurkan melalui saluran kecil tersebut saat menyusui. Namun, setiap wanita pasti sering was-was jika dirinya mengidap kanker payudara. Padahal pada dasarnya belum dapat dipastikan bahwa seorang wanita mengidap penyakit mematikan itu di dalam dirinya atau tidak. Baca juga: 5 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Breast Cancer woman examines her breast

Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda mengidap kanker payudara atau tidak. Ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kemungkinan berkembangnya sel kanker tersebut. Beberapa faktor ini ada yang tidak bisa diubah dan ada beberapa faktor lainnya yang bisa di cegah. Berikut ini penyebab umum kanker payudara yang perlu Anda ketahui:

1. Faktor Genetik
Setidaknya ada 8 faktor genetik yang menjadi penyebab kanker payudara. Beberapa di antaranya adalah:

· Jenis Kelamin: dari segi faktor genetik satu ini wanita 100 kali lebih beresiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan pria.

· Usia Senja: Kanker payudara bisa timbul seiring dengan meningkatnya usia. Tercatat 8 dari 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun.

· Riwayat Keluarga: jika ada kerabat dekat seperti ibu kandung atau saudara yang menderita kanker payudara, maka Anda harus waspada karena Anda juga bisa mengidap penyakit yang sama.

· Masa Menstruasi dan Reproduksi: apabila Anda mengalami menstruasi dini kurang dari 12 tahun dan menopouse lebih dari 55 tahun, maka kemungkinan mengidap kanker payudara pun lebih besar.

· Perubahan Gen: gen BRCA1 dan BRCA2 menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker payudara.

· Kepadatan Payudara: wanita memiliki payudara yang padat akan mengandung sel-sel payudara lebih tinggi dan memungkinkan terjadinya kanker payudara.

2. Faktor Lingkungan
Dari faktor lingkungan inilah, Anda dapat meminimalisir terjadinya kanker payudara. Pola hidup sehat merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara yang sangat ampuh. Karena dengan menjalani hidup sehat, Anda sudah secara tak langsung membuat hidup lebih bermakna dan jauh dari penyakit-penyakit berbahaya. Berikut ini penyebab kanker payudara dari faktor lingkungan:

· Obesitas: seseorang yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan lebih beresiko terkena kanker payudara.

· Implan Payudara: wanita yang melakukan implan payudara akan mampu meningkatkan terjadinya kanker payudara lebih tinggi.

· Melakukan pekerjaan tertentu: Sebaiknya hindarilah pekerjaan yang kontak langsung dengan karsinogen, contohnya pekerjaan di bar, perusaan manufaktur plastik, otomotif, dan perusahaan makanan kemasan.

· Konsumsi Alkohol: Alkohol termasuk salah satu penyebab utama berkembangnya kanker payudara.

· Terapi Penggantian Hormon (HRT): Terapi ini kerap dihubungkan dengan resiko kanker payudara cukup tinggi. Pemakaian HRT untuk membuat hormon kembali normal selama lima tahun harus segera dihentikan jika tidak ingin mengidap penyakit mematikan ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 15 =

%d bloggers like this: