Penyebab Kanker Serviks

Loading...

Kanker serviks ialah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berguna sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Penyakit ini dapat menyerang semua wanita, dari yang muda hingga lanjut usia. Namun kanker serviks cenderung mempengaruhi wanita yang aktif berhubungan intim. Dari data WHO tercatat, setiap tahunnya ribuan wanita dapat meninggal karena penyakit mematikan tersebut dan merupakan jenis kanker yang menempati ranking teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Penyebab Kanker Serviks

Pada tahap awal, kanker serviks umumnya tidak mempunyai gejala-gejala yang spesifik. Gejala kanker serviks yang paling menonjol ialah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan intim, diluar masa menstruasi atau setelah masa menopouse. Walaupun terjadi pendarahan, belum berarti Anda mengidap kanker serviks. Oleh sebab itu, untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera konsultasikan kepada dokter. Apabila dicurigai terdapat kanker serviks, temui dokter spesialis supaya diberi penanganan lebih lanjut. Baca juga: Bahan Alami Untuk Mengobati Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks bisa berasal dari eksternal dan internal tubuh wanita, pola hidup, kebiasaan, atau bisa juga oleh faktor pernikahan yang menjadi faktor penting terhadap kanker serviks. Ada pun secara singkatnya penyebab kanker serviks yang paling utama adalah:

1. Infeksi Virus HPV
HPV atau Human Papillomavirus termasuk penyebab kanker serviks nomor 1. Tercatat lebih dari 95% kasus kanker serviks di dunia terjadi karena terinfeksi oleh virus HPV ini. Sebenarnya, HPV ialah kumpulan dari berbagai virus, setidaknya ada lebih dari 100 jenis virus di dalamnya. Hanya ada beberapa yang mampu menyebabkan kanker serviks yaitu HPV 16, HPV 18, HPV 31, HPV 33, HPV 45.

2. Banyaknya Pasangan Intim
Penyebab kanker serviks kedua yaitu banyaknya pasangan berhubungan intim yang memungkinkan seorang wanita terinfeksi resiko tertularnya virus HPV. Salah satu tips jitu demi menghindari kanker serviks ialah setialah dengan pasangan Anda.

3. Kebiasaan Merokok
Penyebab lainnya yang bisa memicu kanker serviks ialah rokok. Wanita perokok memiliki resiko dua kali lipat lebih rentan dibandingkan dengan non perokok. Zat yang terkandung di dalam rokok menjadi pemicu utama kanker lainnya, terutama kanker paru-paru. Riset juga membuktikan bahwa zat tembakau akan meningkatkan kerusakan sel DNA yang terdapat dalam leher rahim wanita sehingga memicu timbulnya kanker serviks.

4. Kekebalan Tubuh Rendah
Saat seorang wanita terkena infeksi dari virus HPV, maka ia tidak akan secara otomatis terkena kanker serviks jika ia mempunyai sistem imun yang kuat. Namun sebaliknya, sistem imun tubuh yang lemah akan memudahkan wanita terkena virus HPV. Jika Anda ingin memiliki kekebalan tubuh yang kuat, Anda harus rajin berolahraga, konsumsi banyak buah dan sayuran, serta hindari makanan berbahan kimia.

5. Riwayat Keluarga
Riwayat keluarga juga sangat menentukan tingginya potensi terkena kanker serviks. Ibu atau saudara perempuan termasuk dalam kategori tersebut. Setidaknya risiko meningkat 2x lipat di bandingkan dengan yang tidak mempunyai riwayat keluarga. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini disebabkan karena riwayat keluarga terdapat sistem imun yang sama, daya tahan tubuh dan faktor terinfeksi yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =

%d bloggers like this: