Mengatasi Anak Yang Tidak Bisa Diam

Loading...

Memiliki anak yang cenderung aktif dan tidak bisa diam, entah itu di rumah atau di sekolah, pasti menjadi hal yang membuat pusing sekaligus menjengkelkan bagi orang tua. Cukup banyak orang tua yang merasa kewalahan menghadapi sikap anak yang tidak dapat diam. Anak yang aktif cenderung ingin melakukan berbagai aktivitas seperti melompat, bermain dengan teman, berlari, bermain dengan mainan atau terus membuat barang-barang di rumah berantakan. Hal tersebut pastinya menyebabkan Anda merasa kerepotan, terlebih lagi jika sedang melakukan aktivitas lain seperti membereskan rumah. Baca juga: Fakta Unik Tentang Anak Aktif

Mengatasi Anak Yang Tidak Bisa Diam

Selain dirumah, orang tua pasti merasa kewalahan untuk meladeni anak yang tak bisa diam ketika berada diluar rumah, contohnya ditempat umum karena tingkahnya yang terlalu aktif. Menurut para pakar anak, si kecil yang cenderung tidak bisa diam karena ada gangguan di sistem sarafnya atau malah akibat masalah di rumah. Untuk mengatasi anak yang tidak bisa diam, Anda dapat mengonsultasikannya dengan meminta bantuan dokter anak. Atau juga ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol anak-anak yang tidak bisa diam:

1. Beri Kasih Sayang Lebih
Saat anak mulai tidak bisa diatur, cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menunjukkan seberapa besar rasa cinta Anda kepadanya dan saat mereka mulai tidak mood, berilah mereka pelukan yang hangat. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa Anda benar-benar mencintainya dan akan sedih apabila ia melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan.

2. Dengarkan Ucapan Mereka
Cobalah dengarkan apa yang dibicarakan anak saat mereka sedang tidak bisa diam. Mungkin itu bisa jadi isi hati mereka selama ini. Tunggu mereka sampai tenang dan mulailah ajak bicara pelan-pelan.

3. Alihkan Perhatian Mereka
Untuk mengalihkan perhatiannya, Anda dapat mencarikan anak-anak ‘teman’ baru contohnya anak sahabat, mainan baru, hewan peliharaan atau bisa juga Anda sendiri yang dapat menjadi teman bagi mereka. Alihkan saja perhatiannya dengan memberi banyak aktivitas positif lainnya.

4. Jangan Dimarahi Saat Mendiamkan Mereka
Anak yang tak bisa diam alias hiperaktif saat dimarahi bisa makin menjadi-jadi. Maka dari itu, sebaiknya ajaklah mereka bicara pelan-pelan, setelah keadaan terkendali, barulah bicara dengan anak Anda dari hati ke hati.

5. Ajari Mereka Tentang Banyak Hal
Untuk mengajari anak-anak kesayangan Anda, tidak bisa hanya sekali dua kali melakukannya. Oleh karena itu, ajarilah kesabaran dan kasih sayang pada anak yang tak bisa diam dengan menambah family time. Hal ini dapat membuat Anda lebih dekat dengan anak serta mengenal apa yang menjadi penyebab mereka tidak bisa diam.

6. Buat Anak Bahagia
Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan cara membuat anak tetap dalam keadaan gembira pada waktu mereka menginginkannya. Dengan memberikan mereka fasilitas yang ia sukai dan senangi, proses tumbuh kembang mereka pun dapat berjalan dengan lancar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 11 =

%d bloggers like this: