Demam Tinggi Saat Hamil

Loading...

Demam dapat diartikan dengan keadaan suhu tubuh di atas normal, dimana suhu normal tubuh 37 derajat Celcius. Demam dapat disebabkan oleh penyakit yang diderita, terjadinya peradangan atau serangan virus. Namun jika demam terjadi selama lebih dari 3 hari biasanya ada kemungkinan disebabkan oleh penyakit yang berbahaya seperti malaria, tifoid, dan sebagainya.

Demam Tinggi Saat Hamil

Demam juga sering menyerang ibu hamil, baik saat hamil muda atau menjelang persalinan. Hal ini patut Anda waspadai karena demam pada masa kehamilan dapat menjadi salah satu tanda bahaya dalam kehamilan jika panas di tubuh wanita hamil lebih dari 38 derajat Celcius. Demam tinggi merupakan gejala adanya infeksi dalam kehamilan. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang hamil namun juga terserang demam, harus segera mendapatkan penanganan jika ingin janin yang dikandung tetap sehat. Baca juga: Demam Ketika Hamil Muda : Fakta & Mitos

Penyebab utama dari demam saat kehamilan adalah infeksi virus dan bakteri. Tetapi inveksi virus dapat lebih berbahaya dibandingkan dengan infeksi bakteri karena virus menyebabkan resiko kecatatan atau lebih parahnya lagi, janin bisa meninggal di dalam kandungan. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak penyebab-penyebab demam tinggi saat hamil berikut ini:

1. Influenza
Penyebab paling umum demam tinggi saat hamil adalah influenza. Apalagi dimasa kehamilan, fisik wanita lebih mudah terserang flu. Walaupun tergolong ringan, namun sebaiknya apabila penyakit ini berlangsung lama, segera pergi ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan vaksin flu untuk wanita hamil yang juga aman untuk janin.

2. ISPA
Virus ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Atas hampir mirip gejalanya mirip flu, seperti hidung tersumbat dan beringus, batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Menurut dokter, jika ISPA memang menyerang ibu hamil dan berlangsung selama lebih dari 2 minggu, dikhawatirkan ia terinfeksi penyakit bronchitis.

3. Infeksi Saluran Kemih
Setidaknya 10% dari wanita hamil dapat terkena penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi ini terjadi karena adanya bakteri yang masuk dan berkembang biak. ISK sebenarnya tidak berbahaya apabila segera ditangani oleh dokter. tetapi, jika dibiarkan, dikhawatirkan akan mengakibatkan kelahiran prematur, berat bayi rendah, atau keracunan darah.

Upaya Mengurangi Demam
Pada masa kehamilan, sebaiknya Anda jangan sembarangan meminum obat-obatan. Setiap dokter khusus kehamilan pasti menganjurkan untuk menghindari obat yang berbahan ibuprofen atau aspirin dan yang mengandung bahan acetaminophen. Meski begitu, sebenarnya jika demam tak serius, Anda tak perlu mengonsumsi obat-obatan karena ada banyak cara agar demam segera pergi.

Berikut beberapa tips dari saya:
1. Mandi air hangat. Banyak orang yang berpendapat bahwa air dingin bisa menyembuhkan demam. Namun, sebaiknya gunakanlah air hangat karena penguapan air di kulit diklaim dapat menurunkan demam.
2. Gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal supaya sirkulasi udara ke tubuh berjalan lancar.
3. Naikkan temperatur pendingin ruangan agar tidak terlalu dingin.
4. Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi.
5. Makan makanan hangat dan bergizi seperti sup dengan ragam sayuran yang bervitamin.
6. Istirahat yang cukup.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eight =

%d bloggers like this: