Waspadai Ketika Anak Suka Memakan Benda di Sekitarnya

Loading...

Anak-anak, terutama yang masih bayi atau balita, cenderung mempunyai rasa penasaran yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat mereka suka memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Walaupun sangat wajar terjadi, namun pakar kesehatan mengatakan jika Anda sebagai orang tua sebaiknya mengawasi anaknya supaya tak sembarangan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya, sebab dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah kesehatan atau lebih parah lagi seperti keracunan.

Waspadai Ketika Anak Suka Memakan Benda di Sekitarnya

Jangan sampai anak kesayangan Anda menjangkau benda-benda yang dapat membuatnya keracunan. Anda harus memastikan lingkungan bermain si kecil aman dari benda-benda yang dapat membahayakan jika ia memakannya. Benda-benda yang berpotensi berbahaya ialah produk kebersihan, aneka kosmetik, cat, pestisida, minyak esensial, obat-obatan, deodoran, dan aneka sabun. Taruhlah benda-benda tersebut di tempat yang aman dan tidak dapat dijangkau oleh anak.

Maka dari itu, Anda dapat mengantisipasinya dengan membeli mainan gigi atau sering disebut dengan teether yang sudah banyak tersedia dipasaran. Hal ini berguna untuk menghindari sejumlah gejala keracunan pada anak. Gejala-gejala tersebut dapat meliputi diare, sakit perut, muntah, meriang, demam, pusing, sesak napas, hilang nafsu makan, dan sebagainya.

Jika anak Anda menunjukkan gejala tersebut, maka Anda perlu mewaspadai keracunan benda yang baru dimasukkannya ke dalam mulut. Anda juga dapat langsung membawanya ke dokter atau klinik kesehatan terdekat agar tidak terjadi komplikasi kesehatan lainnya. Tapi mungkin saja, ada sebagian orang tua yang panik begitu melihat anaknya mengalami gejala-gejala keracunan. Jika sudah seperti itu, lantas apa yang harus dilakukan?

Perlu diketahui, jika anak keracunan, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan pertolongan kepada anak dengan cara membawanya ke dokter secepat mungkin. Kemudian, Anda juga perlu mencari tahu benda atau produk apa saja yang dimasukkan mereka ke dalam mulutnya supaya dokter dapat membantu untuk memberi obat atau penanganan yang paling tepat.

Pakar kesehatan pun menyarankan untuk setiap orang tua agar menjauhkan segala benda-benda yang kotor atau mengandung bahan kimia berbahaya dari jangkauan anak. Apabila anak Anda sudah cukup aktif dan dapat bergerak kemana saja dengan bebas, maka Anda pun sebaiknya terus mengawasinya sehingga ia tak mudah mengambil, menggigit, atau memasukkan berbagai benda yang berpotensi membahayakan. Dengan mengawasinya, anak Anda terhindar dari keracunan atau berbagai masalah kesehatan lainnya.

Meskipun rasa penasaran anak begitu tinggi terhadap benda-benda yang baru pertama kali ia lihat, setidaknya Anda memberikan benda penggantinya seperti makanan atau buah, teether seperti yang sudah dikatakan di atas, dan hal-hal lainnya yang tidak berbahaya bagi si kecil. Terlebih lagi, jika anak mulai tumbuh gigi, mereka pasti selalu ingin memasukkan apa saja ke mulutnya guna meredakan rasa gatal di gusi akibat pertumbuhan gigi susu mereka. Maka dari itu, diharapkan agar anak Anda selalu dalam pengawasan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + eighteen =

%d bloggers like this: