Beda Preschool & Playgroup

Loading...

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tahun-tahun terpenting untuk belajar memang dimulai sejak lahir. Pada tahun-tahun awal itulah, otak manusia mampu menyerap informasi lebih banyak dibandingkan dengan apa yang mungkin diperoleh. Oleh sebab itulah, tak heran banyak orang tua yang sudah memasukkan anaknya ke dunia pendidikan sejak dini seperti preschool dan playgroup. Namun, apakah Anda tahu perbedaan diantara keduanya?

Nursery children playing with musical instruments in the classroom. One little girl is looking at the camera with a tambourine.

Preschool
Memasukkan anak ke preschool ialah salah satu cara untuk memberikan rangsangan pengetahuan, emosional, serta interaksi sosial yang tepat sesuai usia. Penelitian telah membuktikan bahwa kualitas pendidikan dini atau preschool yang tinggi akan berpengaruh dalam jangka waktu yang lama dalam meningkatkan kecerdasan anak. (Baca juga: Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak)

Pendidikan preschool akan memberikan pelajaran kepada anak sebelum mereka memulai pendidikan formal yang wajib. Biasanya preschool ditujukan untuk anak-anak dari usia 3 hingga 5 tahun. Preschool juga merupakan pendidikan dini sebelum masuk Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

Namun perlu diperhatikan bahwa preschool sangat berbeda dengan jasa penitipan anak atau sering disebut dengan day care. Di preschool, anak akan diberikan suatu pelajaran yang dapat merangsang otaknya untuk berpikir, beda halnya dengan day care yang membebaskan anak untuk bermain sepuasnya. Karena itulah, kebanyakan preschool dikelola oleh pemerintah atau pihak swasta. Bahkan di beberapa negara, mereka memberikan subsidi tinggi untuk program pendidikan dini tersebut.

Ada beberapa kemampuan yang harus anak kuasai sebelum mereka menginjakkan kakinya di preschool. Pertama, ia harus bisa untuk buang air sendiri, setidaknya untuk buang air kecil. Kemampuan ini memang dianggap penting, karena umumnya anak akan dituntut harus bisa ke belakang sendiri, tanpa dibantu oleh sang guru. Kedua, anak sudah dapat bermain sendiri selama beberapa menit tanpa ditemani oleh orang tua. Hal ini berarti anak bisa untuk mengatur rasa nyaman dan mandiri saat ia sendirian.

Playgroup
Sebenarnya, playgroup tidak jauh berbeda dengan preschool. Playgroup dapat mengembangkan aspek akademik lewat pembelajaran yang fun dan enjoy untuk anak. Secara resminya, playgroup merupakan sesi informal yang mana orang tua, pengasuh, dan anak-anak berkumpul dalam suasana yang sangat menyenangkan. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak untuk belajar dan bermain bersama teman sebayanya.

Yang menariknya, playgroup bukan hanya bermanfaat untuk anak saja, melainkan juga untuk orang tua. Melalui playgroup, orang tua dapat bertemu dengan sesama orang tua lainnya. Bahkan, mereka dapat berbagai pengalaman dengan pengasuh yang ada di playgroup tentang perkembangan anak secara umumnya.

Dengan begitu, orang tua akan mempunyai kesempatan untuk bertukar pikiran yang nantinya berguna untuk kebaikan anak juga. Bukan hanya itu, playgroup juga memberikan kesempatan untuk orang tua, pengasuh, dan anak untuk memiliki quality time bersama-sama. Kemudian, mereka juga bisa bersama-sama memotivasi anak, membantu anak, bahkan menemani mereka bermain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

%d bloggers like this: