Penyebab Sakit Saat Menyusui

Loading...

Salah satu kendala yang sering dialami oleh ibu menyusui ialah payudara terasa nyeri dan sakit saat menyusui. Hal ini dapat membuat sang ibu menjadi enggan untuk memberikan ASI secara langsung kepada si kecil. Jika Anda termasuk mengalami hal semacam ini, segera atasi supaya momen spesial bersama buah hati tidak terganggu dengan rasa sakit yang mendera.

Penyebab Sakit Saat Menyusui

Ada beberapa hal penyebab kenapa payudara Anda terasa sakit saat menyusui. Mungkin saja karena gaya menyusui bayi yang salah, pola makan, atau bahkan bisa juga karena adanya peradangan sehingga mau tak mau Anda harus mengobatinya dengan cara pergi ke dokter. Namun, secara garis besar berikut ini penyebab kenapa bagian dada Anda terasa sakit saat menyusui bayi:

1. Produksi ASI yang Terlalu Banyak
Rasa nyeri atau sakit pada payudara memang sering menyerang wanita yang memproduksi ASI terlalu banyak. Tetapi, apabila bayi Anda dapat menyusu dengan benar, maka produksi ASI Anda sendiri nantinya dapat mengikuti kebutuhan asupan bayi. Biasanya kondisi ini menjadi kondisi wajib yang pasti dialami oleh setiap wanita pada 3 bulan pertama menyusui.

2. Masitis
Masitis ialah radang atau infeksi yang terjadi pada payudara karena disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah saluran susu yang tersumbat yang tidak bisa diatasi dengan baik. Biasanya, infeksi ini akan disertai dengan demam dan meriang. Untuk mengatasinya, Anda harus mengkonsultasikannya ke dokter dan dokter akan meresepkan antibiotik khusus. Anda juga tak perlu khawatir karena masih memberikan ASI walaupun sedang mengalami masitis.

3. Dermatitis atau Eksim
Rasa nyeri dan gatal disekitaran dada memang mungkin saja bisa jadi pertanda Anda mengalami dermatitis atau eksim. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh penggunaan sabun, krim, lotion, atau kaporit saat berenang.

4. Infeksi Jamur
Infeksi jamur yang paling umum terjadi ketika ibu sedang menyusui ialah Thrush. Apabila Anda menyusui bayi saat mengalami kondisi ini, kemungkinan besar infeksi jamur bisa masuk ke saluran susu. Saat saluran tersebut sudah terinfeksi, maka payudara Anda dapat terasa nyeri dan sakit.

5. Penggunaan Bra yang Tidak Tepat
Memakai bra yang tidak tepat misalnya terlalu ketat atau terlalu longgar juga dapat membuat payudara sakit. Hal ini diperburuk apabila bantalan pada bra tidak terbuat dari bahan yang bisa membuat kulit bernapas. Maka dari itu, pilihlah bra yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda dan juga yang sekiranya bisa membuat Anda nyaman.

6. Sakit Karena Bayi Mulai Tumbuh Gigi
Saat anak Anda mulai berkembang dan saat itulah mereka mulai tumbuh gigi, mereka pasti sering menggigit dada Anda saat selesai menyusu. Kalau Anda sudah berada di fase ini, sebaiknya Anda bisa mengedukasi si kecil supaya ia jangan menggigit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =

%d bloggers like this: