Popok Kain VS Popok Sekali Pakai

Loading...

Kehadiran buah hati memang menjadi anugerah yang tak terkira dari Tuhan untuk pasangan suami istri. Rasa bahagia dan haru pun tidak terbendung ketika mendengar tangisan bayi yang baru lahir. Namun, bukan hanya bahagia saja melainkan juga membuat orang tua bingung, terutama bagi mereka yang baru pertama kalinya memiliki anak.

Popok Kain VS Popok Sekali Pakai

Tak dipungkiri, setiap orang tua, termasuk Anda, selalu menginginkan yang terbaik untuk anak kesayangan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kakinya. Produk perawatan tubuh, sepatu, pakaian, dan perlengkapan bayi lainnya sebisa mungkin dipilih dengan baik. Tidak terkecuali untuk popok bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit sensitif si kecil.

Kendala memilih popok bayi yang baik untuk bayi memang menjadi persoalan yang rumit untuk orang tua. Apalagi saat ini, popok bayi bukan hanya terbuat dari kain, melainkan ada juga popok sekali pakai yang bisa langsung dibuang. Anda mungkin bingung apakah lebih baik memilih popok kain yang mesti dicuci jika sudah kotor, tetapi aman bagi kulit bayi, atau Anda akan memilih popok sekali pakai yang walaupun praktis, namun cenderung menyebabkan ruam popok.

Popok Kain
Popok kain terdiri dalam berbagai macam jenis bahan, seperti bahan flanel, katun, dan sebagainya. Jenis popok ini mungkin akan membuat cucian Anda semakin menumpuk karena setiap bayi buang air kecil atau BAB, Anda harus segera menggantinya jika tidak ingin bayi mengalami ruam popok. Jika Anda ingin memakai popok kain untuk bayi, maka Anda dapat mencuci 10 popok dalam sehari sehingga Anda akan memerlukan detergen lebih untuk mencuci popok hingga bersih.

Namun, dari kekurangan popok kain di atas, tentu saja Anda juga akan memperoleh keuntungan seperti Anda bisa menghemat uang lebih banyak. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu membeli popok setiap kali popok habis. Menggunakan popok kain juga ialah cara alami dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan popok sekali pakai. Apalagi bahannya yang lembut membuat kulit bayi Anda lebih nyaman sehingga mereka tidur pun lebih nyenyak.

Popok Sekali Pakai
Popok sekali pakai menjadi tren tersendiri bagi para ibu yang merangkap sebagai wanita karir. Apalagi sekarang jenis popok ini tersedia dalam berbagai variasi ukuran sesuai bobot bayi. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan berat si kecil sehingga ia merasa lebih nyaman saat memakainya. Popok sekali pakai juga dapat menjadi alternatif jitu, apalagi saat Anda sedang dalam perjalanan.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari popok sekali pakai adalah Anda tidak perlu lagi mencucinya dan dapat langsung dibuang. Ada pula produk popok yang mampu menampung beberapa kali pipis bayi, sehingga Anda tidak perlu mengganti setiap saat.

Namun kekurangannya adalah dibutuhkan dana yang lebih besar saat ingin menggunakan popok bayi sekali pakai dibandingkan dengan popok kain. Popok sekali pakai harus dibuang setelah kotor dan tidak dapat dipakai kembali atau disimpan untuk digunakan dilain waktu. Popok bayi sekali pakai juga mengandung bahankimia seperti polypropylene untuk lapisan dalam yang menyentuh langsung kulit bayi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + seventeen =

%d bloggers like this: