Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Loading...

Sebagai orang tua, sudah pasti pendidikan menjadi hal yang penting untuk diberikan kepada anak. Bahkan sejak dini, orang tua sering memberikan stimulasi-stimulasi untuk mencerdaskan otak si kecil supaya dapat memberikan respon tubuh yang diharapkan. Semakin beranjak umur anak pun, Anda masih harus mempersiapkan pendidikan yang tepat untuk mereka, mulai dari pendidikan di dalam lingkungan keluarga atau dalam jenjang yang lebih formal.

Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Tak dipungkiri, pendidikan memang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk anak seperti pembentukan karakter, cara bersosialisasi bersama teman seumurannya, mendapatkan ilmu pengetahuan, belajar menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin, hingga rasa tanggung jawab jika melakukan kesalahan. Bukan hanya itu, jutaan manfaat lainnya bisa Anda peroleh dari yang namanya pendidikan, karena pada dasarnya pendidikan adalah kunci dari kehidupan.

Oleh sebab itu, tugas orang tua ialah memilih sekolah yang tepat untuk anak supaya seluruh kemampuan anak dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor dapat tereskplorasi secara maksimal. Namun, memilih sekolah untuk anak mesti mempunyai pedoman, jangan asal-asalan apalagi Anda memiliki persepsi ‘asalkan anak bisa sekolah’. Pemikiran ini keliru karena kualitas sekolah yang akan ditempati anak akan sangat berpengaruh pada masa depan anak tersebut. Baca juga: Tips dalam Mengatur Jadwal Belajar Anak

Lantas, bagaimana caranya? Mari kita simak beberapa informasi mengenai cara memilih sekolah yang tepat untuk anak di bawah ini:

1. Sekolah yang Dilengkapi Sarana & Prasarana Memadai
Kelengkapan sarana dan prasarana sekolah pasti menjadi salah satu unsur dalam maksimalnya pembelajaran di sekolah. Jenis prasarana yang sebaiknya Anda telaah di suatu sekolah tertentu adalah tempat beribadah, perpustakaan, fasilitas olahraga, taman bermain, dan sebagainya.

2. Sekolah yang Memiliki Tenaga Pendidik Profesional
Sekolah yang baik pasti ditAndai dengan tenaga pendidik atau guru profesional. Maksud profesional disini ialah guru yang mengajar di sekolah tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikannya karena sekarang banyak guru yang mengajar murid tidak sesuai dengan latar belakangnya sehingga bidang yang diajarkan pun kurang maksimal.

3. Pilih Sekolah yang Terpadu
Sekolah terpadu merupakan sekolah yang menempatkan SD hingga SMA dalam satu ruang lingkup. Lalu apa kira-kira keuntungan menyekolahkan anak di sekolah terpadu ini? keuntungannya ialah anak Anda dapat mempunyai banyak teman dari tingkatan SD, SMP, hingga SMA. Apalagi jika anak Anda masih duduk di bangku SD atau SMP ketika lulus, dia sudah tidak canggung lagi saat melanjutkan pendidikan ke bangku SMA karena sudah saling kenal satu sama lain sehingga perilaku bully atau ospek yang biasa dilakukan oleh kakak kelas yang lebih tinggi terhadap murid pun bisa diminimalisir.

4. Memilih Sekolah Sesuai Minat dan Bakat Anak
Terakhir yang harus Anda perhatikan dalam memilih sekolah untuk anak adalah bakat dan minat yang dimiliki anak Anda sendiri, contohnya anak Anda memiliki bakat dan minat pada bidang olahraga sehingga Anda dapatmempertimbangkan untuk menyekolahkannya di sekolah keolahragaan, atau apabila anak Anda memiliki kecendrungan suka pada hal yang bernilai seni maka Anda juga dapat menyekolahkannya di sekolah kesenian.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 3 =

%d bloggers like this: