Peranan Vitamin D selama Kehamilan

Loading...

Kehamilan memang menjadi salah satu moment paling ditunggu oleh pasangan suami istri setelah menikah. Saat tanda kehamilan mulai muncul, seorang wanita harus segera memastikan kehamilannya dengan menggunakan testpack atau periksa ke dokter. Apabila hasilnya positif, maka sebaiknya ia menjaga kehamilannya dengan baik supaya tidak ada masalah kehamilan yang menghadang.

Peranan Vitamin D selama Kehamilan

Salah satu upaya merawat kehamilan yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah rajin mengonsumsi sumber vitamin D. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi vitamin D dengan dosis yang cukup, anak yang dilahirkannya memiliki IQ tinggi. Ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin D tersebut akan memperbesar resiko bayi lahir cacat.

Vitamin D sangat penting untuk kehidupan dan kekuatan tulang. Vitamin ini merupakan faktor penting dalam memastikan jantung, otot, paru-paru, dan otak seseorang untuk bekerja dengan baik dan tubuh Anda bisa melawan infeksi.

Vitamin D begitu penting bagi kehidupan manusia, terutama untuk ibu hamil, yang nantinya akan membantu dalam penyerapan fosfat dan kalsium dalam tubuh dalam rangka pembentukan tulang janin dalam rahimnya. Bukan hanya itu, vitamin D juga berguna untuk mempercepat pertumbuhan sel, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan otot, dan membantu produksi hormon tertentu.

Apabila ibu hamil kekurangan asupan vitamin D, maka ia rentan terserang oleh berbagai macam penyakit dan masalah kehamilan seperti berikut:
· Persalinan prematur
· Komplikasi kehamilan termasuk preeklampsia
· Diabetes gestasional
· Resiko infeksi meningkat

Lantas, kapan sebaiknya seorang wanita mengonsumsi vitamin D?

Bahkan sebelum hamil Anda pun harus mengonsumsi banyak asupan vitamin D. Apabila tubuh Anda mempunyai kadar yang cukup vitamin D sebelum kehamilan dan kemudian Anda hamil, teruskanlah untuk mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin D untuk kebutuhan Anda dan janin.

Sangat direkomendasikan mengonsumsi suplemen sebanyak minimal 10 mikrogram (mcg) vitamin D setiap harinya selama kehamilan dan ketika Anda sedang menyusui.

Saat ini, telah hadir berbagai multivitamin kehamilan yang mengandung vitamin D. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D tunggal. Anda perlu mengonsumsi vitamin D selama kehamilan untuk memberikan bayi Anda cukup vitamin D selama beberapa bulan pertama hidupnya. Anda harus mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D setiap hari ketika Anda sedang hamil dan jika Anda menyusui.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi multivitamin yang dibuat khusus untuk ibu hamil, dan periksa label untuk melihat berapa banyak vitamin D yang terkandung di dalamnya. Tanya apoteker, bidan, atau dokter jika Anda tidak yakin mana yang cocok.

Apabila Anda tidak mengkonsumsi suplemen vitamin D saat hamil dan menyusui, bayi Anda mungkin tidak memiliki banyak vitamin D yang ia butuhkan dalam beberapa bulan pertama hidupnya. Jika hal ini terjadi, dokter atau bidan dapat merekomendasikan dosis harian vitamin D untuk bayi Anda dari usia satu bulan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 17 =

%d bloggers like this: