Penyebab Warna ASI Berubah-ubah

Loading...

Terkadang warna ASI memang sering berubah warna. Beberapa diantaranya adalah warna ASI bening, putih, kebiruan, pink, orange atau kuning. Namun terkadang banyak para ibu hamil yang mendapatkan warna ASI-nya lain daripada biasanya. Kira-kira apakah penyebabnya?

Breast milk in bottles on refrigerator shelf

Secara umumnya, ASI berwarna bening atau mempunyai warna kebiru-biruan saat pertama kali mulai keluar, baik saat awal keluar atau pada awal sesi memompa susu. Hal ini dikarenakan ASI mengandung lemak yang rendah atau sering disebut dengan foremilk oleh para ahli. (Baca juga: 11 Manfaat ASI Bagi Balita)

Kemudian dari tahap foremilk akan terjadi perubahan menuju hindmilk yang membuat kandungan lemak meningkat dan susu menjadi lebih kental dan berwarna putih. Bukan hanya itu, berbagai makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui pun akan mempengaruhi warna susu ASI. Contohnya, suplemen gizi tertentu bisa mengubah warna susu menjadi pink, orange, merah, hijau, coklat, bahkan hitam. Zat aditif ini juga mampu mengubah warna urine atau air seni bayi Anda.

Banyak para ibu yang khawatir, takut, dan bingung pada gejala warna ASI yang sering berubah-ubah ini. Padahal biasanya gejala tersebut hanya karena Anda mengonsumsi makanan tertentu. Maka dari itu, mari kita simak apa sajakah penyebab warna ASI berubah-ubah di bawah ini:

1. ASI Berwarna Pink, Orange dan Merah
Apabila warna ASI berwarna orange, pink atau merah setelah Anda meminum atau mengonsumsi makanan yang secara alami atau sintetis mempunyai warna-warninya. Contohnya soda jeruk, bit, dan jus buah berwarna merah atau orange bisa menyebabkan ASI berubah warna.

2. ASI Berwarna Coklat
ASI berwarna coklat terjadi apabila darah masuk ke dalam saluran susu. Saat ASI tampak seperti air kotor yang mengandung karat disebut Rusty Pipe Syndrome. Darah juga dapat masuk ke ASI apabila Anda mengalami luka di daerah payudara. Darah mungkin muncul berbentuk garis-garis merah atau merah muda ASI.

Jika kejadian seperti ini menimpa Anda, jangan perlu khawatir karena sejumlah kecil darah dalam ASI tidaklah berbahaya untuk bayi Anda. Dalam kebanyakan kasus, pendarahan akan hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tetapi, apabila hal ini terjadi lebih dari seminggu, sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter.

3. ASI Berwarna Hitam
Warna ASI hitam memang sangat jarang terjadi. Produksi susu hitam ini berkaitan erat dengan antibiotik minocycline. Kandungan ini adalah antibiotik untuk mengurangi peradangan jerawat peradangan jerawat atau masalah kulit lainya. Maka dari itu, minocycline sangat tidak dianjurkan untuk ibu menyusui.

4. ASI Berwarna Hijau
Warna ASI hijau bisa terjadi setelah Anda menelan makanan berwarna hijau atau makanan yang mengandung pewarna hijau. Atau bisa juga dari minuman berwarna hijau, makan bayam atau rumput laut, dan mengkonsumsi herbal tertentu atau suplemen sehingga bisa mengubah ASI berwarna hijau.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − two =

%d bloggers like this: