Panduan Mensterilkan Botol Susu Bayi

Loading...

Peralatan bayi yang digunakan sehari-hari memang harus dijaga dan dibersihkan secara higienis mengingat si kecil sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Sistem imun di tubuhnya tidak bisa disamakan dengan orang dewasa sehingga beberapa mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan parasit yang akan berkumpul pada perlengkapan bayi yang tidak steril.

Sterilizing Baby Bottles

Kebersihan dari setiap peralatan bayi adalah faktor utama yang mesti Anda perhatikan sebagai orang tua. Hal ini berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih sangat lemah dan rentan terkena infeksi bakteri atau virus penyakit. Salah satu peralatan bayi yang harus mendapat perhatian khusus yakni botol susu.

Selain penting untuk membersihkan botol susu bayi, Anda juga harus mensterilkan botol tersebut agar benar-benar terhindar dari bibit penyakit. Apalagi dizaman yang serba modern ini, Anda dapat menjumpai berbagai merk alat untuk mensterilkan peralatan makan bayi. Selain itu, masih banyak pula yang mensterilkan botol dengan cara tradisional.

Cara mensterilkan botol susu sebenarnya tidak sukar dan tidak perlu memiliki kemampuan khusus. Yang terpenting ialah Anda mengetahui jenis plastik dari botol tersebut agar dapat disterilkan dengan benar. berikut ini ada 3 metode untuk mensterilkan botol susu bayi yakni dengan metode perebusan, microwave dan sterilisasi air dingin. Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

1. Metode dengan Perebusan
Cara tradisional yang sering dilakukan untuk mensterilkan botol susu yakni dengan menggunakan metode perebusan. Tetapi, sebelum Anda merebus botol bayi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah jenis plastik yang digunakan sebagai bahan dasar botol. Jika botol itu menggunakan jenis plastik polikarbonat maka sebaiknya jangan direbus karena aka meninggalkan residu yang akan membahayakan sistem hormon bayi.

Apabila botol susu yang digunakan benar-benar aman untuk direbus, maka cara yang dapat Anda aplikasikan yakni dengan menyediakan panci yang berisi air lalu masukkan botol sampai benar-benar tenggelam dan pastikan tidak ada gelembung udara di dalam botol. Rebuslah botol kurang lebih 10 menit.

2.Metode sterilisasi air dingin
Metode sterilisasi dengan menggunakan air dingin sering mengandalkan alat khusus ataupun menggunakan wadah plastik yang tertutup. Pastikan alat yang digunakan untuk mensterilkan botol dalam keadaan benar-benar bersih. Rendam botol sampai benar-benar tenggelam dan tidak ada gelembung udara di dalam botol. Rendamlah selama 30 menit dan pastikan tangan atau sikat yang Anda gunakan saat membersihkan botol dalam keadaan bersih agar tidak ada kuman yang tertinggal.

3.Metode microwave
Metode ketiga yaitu dengan mensterilkan botol susu bayi dengan memakai microwave. Cara ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 90 detik. Hindari menutup botol saat melakukan sterilisasi karena dapat mengakibatkan tekanan. Keuntungan dari sterilisasi menggunakan microwave yaitu tidak aka nada bau atau rasa yang tertinggal dari bekas susu. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menyimpan botol setelah sterilisasi dengan wadah tertutup maka akan bertahan lebih lama dari metode sterilisasi yang lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − nine =

%d bloggers like this: