Semua Tentang Virus Zika

Loading...

Viruz Zika merupakan salah satu virus berbahaya yang kian marak menjangkit penduduk di dunia. Akibat virus Zika ini, ribuan bayi lahir dengan kondisi otak yang belum berkembang sepenuhnya. Di sejumlah negara, status darurat nasional sudah diberlakukan untuk mengatasi penyebaran virus Zika. Menurut sejumlah dokter, virus ini juga sedang berkembang menjadi wabah. Lantas apa itu virus Zika? Apa penyebab dan bagaimana gejala yang timbul dari virus Zika itu sendiri? Mari kita simak penjelasannya.

Semua Tentang Virus Zika

Infeksi virus Zika terjadi karena gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes Aegypti. Penyakit yang disebabkannya dinamakan dengan Zika, demam Zika, atau penyakit Zika. Virus Zika yang sudah menginfeksi manusia, bisa menimbulkan beberapa gejala fisik seperti nyeri sendi, demam, konjungtivitas atau mata merah dan ruam. Gejala penyakit Zika hampir serupa dengan penyakit chikungunya dan dengue, dan bisa berlangsung beberapa hari sampai 1 minggu. (Baca juga: Bahan Alami untuk Mengobati Gigitan Nyamuk pada Bayi)

Sejarah Virus Zika
Virus Zika pertama kali ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, tahun 1947. Kemudian, virus Zika ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama setahun berikutnya hingga pada tahun 1984, manusia terjangkit virus Zika tersebut. Virus Zika mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia di tahun 2007 di wilayah Pasifik Selatan.

Pada Mei 2015, virus ini kembali merebak di Brazil hingga setahun kemudian, virus Zika menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, Oceania, dan Karibia. Di Indonesia sendiri, virus Zika telah ditemukan di wilayah Jambi.

Penyebab Penyakit Zika
Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, penyakit Zika atau demam Zika disebabkan oleh virus Zika. Virus tersebut berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyakit dengue atau demam berdarah. Virus Zika disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi. Nyamuk ini sangat aktif di siang hari dan hidup atau berkembang biak di dalam dan diluar ruangan yang dekat dengan manusia.

Lebih bahayanya lagi, virus Zika bisa disalurkan dari seorang ibu ke bayinya. Virus Zika ditularkan dari seorang ibu hamil pada janin di dalam kandungannya atau saat waktu persalinan. Selain itu, terdapat beberapa kasus melaporkan bahwa virus Zika tertular melalui tranfusi darah dan hubungan seksual.

Gejala Viruz Zika
Gejala virus Zika yang paling umum terjadi yaitu sakit kepala, mudah lelah, dan nyeri di belakang mata. Gajala ini termasuk bersifat ringan dan berlangsung sampai sekitar satu minggu. Berbicara tentang periode inkubasi virus Zika masih belum diketahui pasti, tapi kemungkinan besar terjadi sampai 1 minggu sejak pasien terjangkit virus ini. Namun, kasus kematian akibat virus Zika jarang terjadi dan hanya 1 dari 5 orang terduga terpapar menunjukkan gejala-gejala ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

%d bloggers like this: